STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI SELADA PADA CAKRAWALA HIDROPONIK DI DESA LORU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : Desember 6, 2023
Published : Januari 12, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usahatani Selada Pada Cakrawala Hidroponik di Desa Loru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Jumlah responden 5 orang yaitu 1 pemilik dan 1 karyawan Cakrawala Hidroponik, 1 pesaing, 1 konsumen dan 1 penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Sigi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor internal yaitu 2,13 – 0,72 diperoleh hasil pada sumbu X 1,41 dan faktor eksternal yaitu 2,21 – 0,68 diperoleh hasil pada sumbu Y 1,53 sehingga letak kuadran dalam startegi pengembangan usahatani selada pada Cakrawala Hidroponik menunjukkan posisi strategi berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi kekuatan – peluang (SO) dengan alternatif strategi yaitu meningkatkan hasil produksi melalui kerja sama dengan mitra usaha untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Arianto MR, Maemuna dan Yusuf Ramal. 2020. Aplikasi Beberapa Sistem Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.). e-J. Agrotekbis. 8.(2) :310-315

Arifien, Alam, Rosilawati, Kamarudin, Tambunan, Yusuf dan Indrawati. 2023. Pertanian Urban. Global Eksekutif Teknologi : Padang.

Armiriawan, Kusnandar, dan Setyowati. 2021. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Surakarta. Jurnal Agrista. 9.(2) :1-9.

Devina. 2014. Budidaya Tanaman Tomat Secara Komersil. Niaga swadaya: Jakarta.

Falentia, Tia Indana, 2021. Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Shanti Buana. Jurnal Business, Economics and Entrepreneurship. 3(2): 86-92.

Irawan, Badriyah, Lathifi, Hanis. 2020. Strategi Pengembangan Potensi Desa Dengan Penerapan Sistem Hidroponik Pada Tanaman Hor-tikultura Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Di Desa Kawistolegi Kecamatan Ka-ranggeneng Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi. 4 (3): 715-719.

Irwandi, Lasitya, Sapitri, Cahyani dan Kharisudin. 2023. Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Hidroponik CV ABC Menggunakan Pendekatan SWOT dan QSPM. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 7(1) :1-12.

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduapuluh Dua. : PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Rangkuti. 2009. Analisis SWOT Teknik Pembeda Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Saputra, Listyaningrum, Yermias, Leuhoe, Apriyani, Asnah dan Rokhayati. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Veniks Mudah Sejahtera : Sulawesi Tengah.

Savira RD dan Prihtanti TM. Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Jurnal Agribisnis Kepulauan. 7(2) :165-173.

Waliyanti NI, Jusni, dan Diansari. 2022. Analisis Strategi Usaha Sayuran Hidroponik Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Green Top Farm). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 18 (3) :201-209.

Yuliana, Ami dan Hariyono. 2020. Pengembangan Sistem Pertanian Urban Ramah Lingkungan Berbasis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. LPPM Universitas Wahab Hasbullah : Jawa Timur.

Zulkarnain. 2014. Dasar-Dasar Hortikultura. PT. Bumi Akasara : Jakarta.