Pengaruh Tumpangsari Tanaman Sawi (Brassica juncea Linn.) Dan Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Linn.) Terhadap Serangan Plutella xylostella Linn. (Lepidoptera: Plutellidae)

Article History

Submited : June 25, 2020
Published : December 29, 2017

Pelaksanaan sistem tumpang sari tanaman tomat dengan tanaman sawi di Sulawesi Tengah khususnya daerah lembah Palu sangat minim dilakukan oleh para petani. Kebiasaan petani khususnya di daerah Sulawesi Tengah dalam pengendalian hama tanaman hortikultura adalah masih mengandalkan penggunaan insektisida kimiawi dengan konsentrasi dan dosis yang relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tumpang sari tanaman tomat dan tanaman sawi terhadap serangan Plutella xylostella L. Penelitian ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 4 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali. Peubah yang diamati ialah kepadatan populasi P. xylostella L, intensitas serangan, dan produksi sawi. Hasil penelitian menunjukkan tumpang sari tanaman tomat berpengaruh nyata dapat menekan populasi, intensitas serangan P. xylostella L dan produksi sawi. Populasi tertinggi terdapat pada perlakuan kontrol sebesar 1,80  ekor  dan populasi terendah terdapat pada perlakuan sawi ditanam di sela-sela tanaman tomat searah dari timur ke barat 0 ekor. Intensitas serangan tertinggi terdapat pada perlakuan kontrol sebesar 62,80 % dan terendah terdapat pada perlakuan sawi ditanam di sela-sela tanaman tomat searah dari timur ke barat. Produksi tertinggi sebesar 3,82 ton/ha pada perlakuan sawi dikelilingi oleh tanaman tomat dan produksi terendah terdapat perlakuan kontrol sebesar 1,67 ton/ha.

Simarmata, G., Pasaru, F., & Nasir, B. (2017). Pengaruh Tumpangsari Tanaman Sawi (Brassica juncea Linn.) Dan Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Linn.) Terhadap Serangan Plutella xylostella Linn. (Lepidoptera: Plutellidae). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 5(6), 661-667. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/226
Fulltext