ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA KALAWARA KECAMATAN GUMBASA KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : August 12, 2024
Published : August 20, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani (produsen) serta untuk mengetahui efisiensi pemasaran jagung hibrida, di Desa Desa Kalawara Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Penelitian ini di laksanakan pada Bulan November sampai dengan Bulan Januari 2020, tepatnya di Desa Kalawara Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling ) dengan asumsi bahwa populasi bersifat homogen (sama) dalam penggunaan faktor produksi yaitu penggunaan varietas benih (Pioneer dan Hg) dan menggunakan rumus standar deviasi, dimana jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 32 responden dari 120 petani jagung hibrida. Sedangkan penentuan responden pedagang metode penjajakan (Tracing Sampling) yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas informasi petani, sehingga didapat responden sebanyak 3 pedagang yang terdiri dari 2 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 35 responden. Berdasarkan hasil penelitian pemasaran jagung hibrida di Desa Kalawara Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi terdapat dua saluran pemasaran yaitu Produsen Pedagang Pengumpul Konsumen. Produsen Pedagang Pengumpul Pedagang Besar Konsumen. Total margin pemasaran jagung hibrida yang diperoleh untuk saluran pertama sebesar Rp 500, dan untuk saluran kedua sebesar  Rp 2.000. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 86,87  % dan saluran kedua sebesar 61,53 %. Saluran pertama nilai efisiensinya sebesar 14,47 % dan saluran kedua 29,23 %. Mengacu pada kedua saluran pemasaran jagung hibrida tersebut, saluran yang efisien adalah saluran pertama.

Abdullah, 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Angipora, M, 2015. Dasar-dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Budiman, 2013. Budidaya Jagung Organik Varietas Baru Yang Kian di Buru. Pustaka Baru Putra. Yogyakarta.

BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Luas Panen Produksi Dan Produkttivitas Tanaman Jagung Di Kabupaten Sigi 2018.

BP3K 2018, Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi.

Dillon, M., 2008.Manajemen Distribusi Produk-produk Agroindustri, Percetakan TI-TS, Jakarta.

Dahlan, Salman, Arman Wahab, 2013. Analisis Pemasaran Jagung Pulut di Desa Pakatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Agrosistem. 9(1) : 1-10. Edisi jurnal 2013.
Effendi. 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana prenada Group. Jakarta.

Firdaus, M 2007. Manajemen Agribisnis. PT. Bumi Aksaral, Jakarta

Ginting, Paham. 2006. Pemasaran Produk Pertanian. USU Press. Medan Kotler,

Henny Rosmawati. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Agronobis 3(5) : 8-13. Edisi jurnal. 2011.
Kohls dan Uhl, 2002. Efisiensi Pemasaran Produk Pertanian Dalam Fungsi Time Utility.

Lihawa Rahma, 2017. Analisis Pemasaran Jagung di Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una. E-Jurnal Mitra Sains. 5(4):93-104. 2017.

Sabang Jahira, (2011). Sistem Pemasaran Tomat (Lycopersicum Esculentum L. Mill). Di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Agribisnis. 8(2):41-47. Edisi Maret 2011. Univesitas Mulawarman. Samarinda

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Hasil-hasil Pertanian. PT. Raja grafindo persada, Jakarta.

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Ekonom Pertanian Teori Dan Aplikasinya. PT Raja grafindo persada, Jakarta.

Soekartawi, 2005. Agribisnis (Teori dan Aplikasinya). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah. Malang.

Wulandari, 2010. Penentuan Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian, Berdasarkan Nilai Produksi Di Kabupaten Grobogan, Tesis. Program Studi Agribisnis. Universitas di Ponegoro. Semarang.

Hartati Yati dan Karsidi Permadi, 2015. Implementasi pengelolaan tanaman terpadu pada jagung hibrida. E-Jurnal Agrotop. 5(10):101-109. Edisi jurnal 2015.

Jumiati, dan Masyuhri 2013. Analisis saluran pemasaran dan margin pemasaran kelapa dalam daerah perbatasan kalimantan timur. E-Jurnal Agifor. 12(1):3-5. Edisi jurnal 2013.

Widiastuti, Nur dan Mohd. Harisudi. 2013 Saluran Margin Pemasaran jagung di Kabupaten Grobogan. Jurnal Pertanian. 9(2) : 231-240. 2013.
Rendi, R., Sulaeman, S., & Sulmi, S. (2024). ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA KALAWARA KECAMATAN GUMBASA KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(4), 1018 - 1025. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i4.2300
Fulltext