ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA POI KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : August 14, 2024
Published : August 26, 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini yakni terdapat selisih harga yang cukup tinggi ditingkat produsen (petani) dan PT Japfa (usaha industri pakan ternak) sebagai rantai pemasaran akhir dalam penelitian ini. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode acak sederhana. Penentuan responden pedagang menggunakan metode Snowball sampling Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa ada dua saluran pemasaran jagung hibrida di Desa Poi yaitu Petani – Pedagang pengumpul – Pedagang besar – PT Japfa, Petani – Pedagang besar – PT Japfa. Hasil analisis margin pemasaran jagung hibrida saluran I yaitu MT = Rp.424/Kg sedangkan saluran II yaitu M = Rp.107/Kg. Bagian harga yang diterima petani jagung hibrida pada saluran I yaitu sebesar 90,97% sedangkan pada saluran II yaitu sebesar 97,72%. Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 8.44% sedangkan nilai efisiensi untuk saluran II adalah sebesar 5.25%, sehingga saluran pemasaran kedua lebih efisien karena bagian harga yang diterima petani lebih besar dan total biaya pemasaran yang dikeluarkan lebih rendah.

Anindita, Ratya. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.
Badan Penyuluhan Pertanian Baluasa Baluase. 2020. Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Tanaman Jagung Hibrida di Kecamatan Dolo Selatan Menurut Desa. 2019.

Daniel, Moehar. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Askara. Jakarta.

Firdaus, M. 2009. Manajemen Agribisnis.
Bumi Aksara. Jakarta.


Henny, Rosmawati. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. J. Agronobis. 3 (5) : 1979-
8245.
Herman, Mega dan Dewi Nur Asih. 2021. Analisis Pemasaran Jagung Hibrida di Desa Rarampadende Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. UNTAD. Palu. J. Agrotekbis. 9 (1) : 227 – 232.

IG.P. Sarasutha. 2002. Kinerja Usahatani dan Pemasaran Jagung di Sentra Produksi. J. Litbang Pertanian. 21 (2)
: 39 – 47.
Ikhsan, Gunawan. 2004. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Komoditas Unggulan Pertanian di Kabupaten Rokan Hulu. J. Sungkai. 3 (2) : 1 –
17.
Pamungkas, DB, Pujiharto, dan Watemin. 2016. Analisis Pemasaran Jagung (Zae Mays L.) Di Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Agritech. Vol. XVIII hlm 101 – 106.

Prahasta, Arief. 2007. Budidaya Usaha Pengolahan Agribisnis Jagung. Pustaka Grafika. Bandung.

Rahmiyani dan Lien Damayanti. 2021. Analisis Pemasaran Jagung Hibrida di Desa Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. UNTAD. Palu. J. Agrotekbis. 9 (3) : 769 – 777.

Setya Rezky Tri, Kuswardani Retna Astuti, dan Pane Erwin. 2019. Analisis Usahatani dan Efisiensi Pemasaran Jagung terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. J. Ilmiah Magister Agribisnis. 1 (2) : 152 – 161.

Sudiyono, Armand. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press. Malang.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2002.
Pengantar Bisnis Modern

(Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Liberty. Yogyakarta.
Gamal, E., Howara, D., Wibawa, I. G., & Ma’mur, S. H. (2024). ANALISIS PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI DESA POI KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(4), 1063 - 1070. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i4.2302
Fulltext