STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA CV ASMA HIDROPONIK DIKOTA PALU

Article History

Submited : August 15, 2024
Published : August 27, 2024

Sayuran hidroponik merupakan komoditas hortikultura yang mulai banyak diminati dan dikembangkan pada sektor pertanian saat ini. Keistimewaan dari sayuran hidroponik itu sendiri yaitu kualitas yang dihasilkan lebih segar, dan lebih bersih dibandingkan dengan sayuran konvensional. Dari keistimewaan tersebut menimbulkan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mengubah pola konsumsinya dari sayuran konvensional menjadi sayuran hidroponik, sehingga perkembangan permintaan akan sayuran hidroponik di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran sayuran hidroponik Asma Hidroponik serta strategi pemasaran sayuran hidroponik pada Asma Hidroponik di Kota palu. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan februari-maret 2022 di CV Asma Hidroponik di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 5 responden. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Asma Hidroponik adalah faktor kekuatan dan peluang serta menggunakan strategi SO yang berada pada kuadran 1.

Aini, N dan Azizah, N, 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik. Universitas Brawijaya Press. Malang.
Alfiani Puput, 2019. Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit Bio Genesis,Cet. 1.
Falentia, Tia Indana, 2021. Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Shanti Buana. Business, Economics and Entrepreneurship. 3(2): 86-92.
Frasetya, Budy. T. Q, 2019. Konsep dan Aplikasi Bertanam Selada Hidroponik. Bandung, Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Kilmanun, J. C., dan Ndaru, R. K. 2020. Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Hidroponik di Malang Jawa Timur. Jurnal Pertanian Agros. 22 (2): 180–185.
Novianti Nila, 2019. Pengendalian kualitas produksi selada Romaine Pada Sistem Tanam Hidroponik (Studi Kasus di UMKM Kebun Sayur, Kota Surabaya, Jawa Timur). Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Unversitas Brawijaya. ISSN 2580-0566, EISSN 2621-9778. 3(2):131-149. November.
Noviani Nomi dan Sri Wahyuni, 2016. Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papamama Farm. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Vol 1,(1):33-41. Mei.
Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Susilawati, 2019. Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik. UPT. Penerbit dan Pencetakan Universitas Sriwijaya. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Januari.
Swastika Sri, 2017. Budidaya Sayuran Hidroponik “Bertanam Tanpa Media Tanah”. Diterbitkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balibatangan Riau, Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian.
Tallei, E. Trina, 2017. Hidroponik Untuk Pemula. Oleh: Penulis-Cet. 1, Penerbit LPPM UNSRAT. Dicetak Oleh: UNSRAT Press.
Umam Aslahul, 2020. Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Terhadap Pengembangan Usaha Hidroponik Pada CV Puri Hidroponik. Kota Jambi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifudin Jambi.
Vanesha Claudia Pitoy, Altje Tumbel, Maria Tielung, 2016. Analisis Strategi bersaing DalamPersaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus PT. Astragraphia, TBK Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(3):89-96. 2016.
Rahmadhani, T., Hamzens, W., & Akrab, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA CV ASMA HIDROPONIK DIKOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 12(4), 1056 - 1062. https://doi.org/10.22487/agrotekbis.v12i4.2305
Fulltext