Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Pasta Pada Industri Rumah Cokelat Di Kota Palu

Article History

Submited : June 20, 2020
Published : June 30, 2016

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan industri Rumah Cokelat di Kota Palu yang terletak di jalan Setia Budi Palu Timur Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan  Februari sampai dengan bulan April 2016. Jumlah responden adalah 4 orang yang terdiri atas 1 orang pimpinan, 1 orang karyawan dan 2 orang konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengembangan yang dilakukan pada industri Rumah Cokelat adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan peluang sebesar-besarnya (strategi S-O) untuk mengurangi kelemahan dan memperkecil ancaman yangdalam hal ini dipresentasikan pada kuadran satu.yaitu Memanfaatkancita rasa original biji kakao, produk yang berkualitat, menggunakan lemak kakao asli, dan bahan baku yang berkualitas dari aspek kekuatan. Memanfaatkan peluang yang ada yaitu belum ada produk cokelat pasta yang sama di kota Palu, prmintaan pasar khususnya IKM/UKM terhadap produk coklat pasta makin besar seiring dengan meningkatnya permintaan hasil olahan berbasis cokelat, dan adanya kebijakan pemerintah yang menjadikan kakao sebagai komoditi unggulan.

Risdayani, R. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Pasta Pada Industri Rumah Cokelat Di Kota Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 4(3), 361 - 368. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/33
Fulltext