EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHA PERIKANAN PANCING ULUR DIKECAMATAN AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : June 25, 2020

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunaan input produksi pada usaha penangkapan ikan dengan menggunakan pancing ulur di Kecamatan Ampana Kota. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2018. Penentuan responden dilakukan menggunakan metode acak sedehana dengan jumlah sampel sebanyak 33 nelayan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Fungsi Produksi Cobb-douglas dan analisis Efisiensi Harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi F-hitung (130,218) > F-tabel (2,71) berarti secara bersama-sama semua variabel yang diuji yaitu harga sayuran bahan bakar (X1), perbekalan (X2), es (X3) dan umpan (X4) memberikan pengaruh nyata terhadap hasil tangkapan ikan. Hasil uji t, regresi diperoleh variabel yang berpengaruh nyata terhadap hasil tangkapan ikan adalah bahan bakar (X1), perbekalan (X2) dan es (X3) dimana ketiga variabel tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan (α=5%), sedangkan umpan (X4) merupakan variabel yang memiliki nilai signifikansi lebih besar dari tingkat kesalahan (α=5%), oleh sebab itu variabel umpan tidak memberikan pengaruh nyata kepada variabel terikatnya. Dan untuk efisiensi ditinjau dari sisi harga variabel bahan bakar (X1), es (X3) dan umpan (X4) belum efisien, sedangkan untuk variabel perbekalan (X2) ditinjau dari sisi harga tidak efisien.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah, 2017. Sulawesi Tengah dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Sulteng, Palu.

Badan Pusat Statistik Tojo Una-Una, 2017. Kecamatan Ampan Kota dalam Angka 2017. BPS Kabupaten Tojo Una-Una.

Badan Pusat Statistik, 2006. Statistik Indonesia 2006. BPS. Indonesia, Jakarta.

Daryanto, A. 2007. Dari Klaster Menuju Peningkatan Daya Saing Imdustri Perikanan. Buletin Craby & Starky, Edisi Januari 2007.

Dinas Perikanan Kabupaten Tojo Una-Una. 2017. Statistik Perikanan Tangkap. Kecamatan Ampana Kota.
Soekartawi, 2002, Ilmu Usaha Tani, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi, 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb Douglas. CV Rajawali. Jakarta.

Umar, H. 2009, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zen et.al., “Technical Efficiency of The Driftnet and Payang Seine (Lampara) Fisheries in west Sumatra, Indonesia”. Journal of Asian fisheries Scince. vol.15 2002. p. 97-106.
MP, M., Laapo, A., & Nur Asih, D. (2020). EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHA PERIKANAN PANCING ULUR DIKECAMATAN AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(1), 71-80. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/403
Fulltext