Analisis Pemasaran Bawang Merah Varietas Lembah Palu Di Desa Wombo Induk Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : June 25, 2020

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui bentuk saluran pemasaran, besarnya marjin pemasaran, besarnya bagian harga yang diterima produsen dan efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu. Penelitian dilaksanakan di Desa Wombo Induk Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala, Jumlah responden sebanyak 42 orang, terdiri atas 33 orang petani, 1 orang pedagang pengumpul, 4 orang pedagang pengecer dan 4 orang konsumen. Penentuan responden petani mengggunakan metode sensus (census method) sedangkan penentuan responden pedagang digunakan cara penjajakan (tracing sampling). Hasil analisis menunjukan bahwa saluran pemasaran bawang merah varietas lembah   Palu di Desa Wombo Induk terdapat dua saluran, yaitu saluran pertama: Petani-Pedagang Pengumpul-Pedagang Pengecer-Konsumen, saluran kedua: Petani-Pedagang Pengecer-Konsumen. Total margin pemasaran bawang merah varietas lembah Palu yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 25.000 dan total margin pemasaran saluran kedua sebesar Rp 15.000. Bagian harga yang diterima petani saluran pertama sebesar 61,53% dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 72,72%. Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 2,26%, sedangkan pada saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 1,10%. Dari dua saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu tersebut, saluran yang efisien adalah  saluran kedua.

Arman, S, 2016. Analisis Pemasaran Bawang Merah Di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agroland 4 (1): 75-83.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah, 2017.

Balai Penyuluhan Pertanian Nupabomba Kecamatan Tanantovea, 2017.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Donggala Tahun 2017.

Limbongan dan Maskar, 2003. Potensi Pengembangan dan Ketersediaan Teknologi Bawang Merah Palu di Sulawesi Tengah. Jurnal Litbang Pertanian. Vol 22 hal (2).

Rahayu, E dan Berlian, N, 2006. Bawang Merah. PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Sudiyono, A,. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.

Swastha, B dan Sokotjo, I, 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. CV. Pionir Group, Bandung.

Syukrianto, 2015. Analisis Pemasaran Bawang Merah Lembah Palu Di Desa Wombo Kalonggo Kecamatan Tanantovea Kabu paten Donggala. Jurnal Agroland 3 (5): 638-643.
Nurmilasari, N., & Hadayani, H. (2020). Analisis Pemasaran Bawang Merah Varietas Lembah Palu Di Desa Wombo Induk Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(1), 113-118. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/412
Fulltext