Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Buah Anggur Impor Studi Kasus Pasar Moderen (Hypermart) Di Kota Palu

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : April 30, 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan buah anggur impor studi kasus pasar moderen (Hypermart) di Kota Palu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 hingga Oktober 2017. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen buah anggur impor. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan uji F (Simultan) dan uji t (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung (24,716) >F-tabel (2,960) berarti secara bersama-sama semua variabel yaitu umur (X1), pendapatan konsumen (X2), dan harga buah anggur impor(X3) memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah anggur impor. Hasil uji t, regresidiperoleh variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah anggur imporadalah umur (X1) dan harga buah anggur impor(X3), dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan sebesar 5%, sedangkan pendapatan konsumen (X2) merupakan variabel yang memiliki nilai signifikansi lebih besar dari tingkat kesalahan sebesar 5%, oleh sebab ituvariabel pendapatan konsumen tidak memberikan pengaruh nyata kepada variabel terikatnya.

Wijaya, I., Effendy, E., & Damayanti, L. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Buah Anggur Impor Studi Kasus Pasar Moderen (Hypermart) Di Kota Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(2), 230 - 238. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/415
Fulltext