Penentuan Komoditi Unggulan Subsektor Perkebunan Dan Strategi Pengembangannya Di Kabupaten Parigi Moutong

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : June 25, 2020

Tujuan penelitan ini adalah mengetahui komoditi unggulan pada subsektor tanaman perkebunan dan menyusun strategi pengembangan komoditi unggulan subsektor tersebut. Penelitian ini dilaksanakanpada bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2018. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penentuan responden dalam penelitian ini dengan carajudgemental sampling. Responden yang diwawancarai dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Metode analisis yang digunakan yakni analisis Location Quotient (LQ) dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, maka diperoleh hasil perhitungan LQ nilai produksi rata-rata terdapat 2 komoditi unggulan atau LQ>1 yaitu komoditi kakao dengan nilai = 1,80 dan komoditi kelapa dengan nilai = 1,2. Hasil dari perhitungan tersebut selanjutnya menentukan strategi pengembangan untuk komoditi unggulan yaitu komoditi kakao dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan komoditi kakao berada pada kuadran III. Hal tersebut mengindikasikan bahwa, pengembangan  usahatanikakao memiliki peluang pasar, namun masih memiliki beberapa kendala internal. Strategi yang sesuai untuk pengembangan komoditi kakao di Kabupaten Parigi Moutong adalah strategi WO : 1.) Program pelatihan dan pemberdayaan petani, 2.) Peningkatan akses finansial terhadap lembaga keuangan, dan 3.) Revitalisasi sarana dan prasarana pertanian.

Amirin, T. M,. 2011. Pokok-pokok Teori Sistem. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS)., 2017. Kabupaten Parigi Moutong dalam Angka 2012 – 2016. BPS Kabupaten Parigi Moutong. Palu.

Badan Pusat Statistik (BPS)., 2017. Sulawesi Tengah dalam Angka Tahun 2012 – 2016. BPS Sulawesi Tengah. Palu.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan., 2017. Produksi dan Luas Areal Tanaman Perkebunan Tahun 2012-2016. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. Kabupaten Parigi Moutong.

Rangkuti, F., 2009. Analisis SWOT : Tehnik Membedah Kasus Bisnis, Reorenrasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad-21. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rusmin dan Siregar., 2009. Pengembangan Komoditas Unggulan Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi. Vol. 09 (3): 7-9.

Soekartawi., 2003. Teori Ekonomi Produksi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suparmoko, M., 2002. Ekonomi Publik Teori dan Aplikasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Syahroni. M., 2005. Analisis Strategi Pengembangan Komoditas Unggulan Agribisnis di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tesis S-2 Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis IPB. Bogor. Vol. 18 No. 18

Widhana, K., 2017. Analisis Komoditi Basis Subsektor Perkebunan di Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Tadulako. Palu.

Yuliandi., 2017. Strategi Pengembangan Usahatani Kakao di Desa Sritaba’ang Kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Agrotekbis Vol. 2 (2) : 161-168.

Yantu, M.R., 2012. Perencanaan Tata ruang.Handout Paruh Kedua Versi Devisi. Program Studi Magister Penyumbangan Wilayah dan Pedesaan. Pasca Sarjana UNTAD. Palu.
Nurfadhila, N., Mapatoba, M., & Lamusa, A. (2020). Penentuan Komoditi Unggulan Subsektor Perkebunan Dan Strategi Pengembangannya Di Kabupaten Parigi Moutong. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(1), 119-131. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/416
Fulltext