Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Studi Kasus Pada Usaha Patriot Di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah)

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : April 30, 2019

Usaha ayam pedaging pada usaha Patriot masih menerapkan sistem peternakan tradisional sehingga penggunaan peralatan produksi masih tergolong sederhana, angka kematian yang masih relatif tinggi dan masih terbatasnya sumber daya manusia (SDM) peternakan yang merupakan kelemahan pada usaha Patriot. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT. Nilai  IFAS adalah 3,22, dengan kekuatan (Strenghts) sebesar 2,27 dan Kelemahan 0,95. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan pada usaha “Patriot” lebih besar dari pada faktor kelemahan, sedangkan nilai EFAS adalah 3,54, dengan Peluang adalah 1,60, dan Ancaman adalah 1,94. Berdasarkan hasil internal Faktor dan faktor eksternal, hasil pengurangan total skor faktor kekuatan dan nilai total faktor kelemahan sebagai sumbu X sebesar 1,32, sedangkan hasil total skor total peluang dan jumlah skor ancaman pertumbuhan Y adalah Sebesar 0,34. Strategi pengembangan yang tepat untuk usaha Patriot adalah strategi ST. Strategi ST adalah strategi yang menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman.

Tauhid, M., Hadayani, H., & Tangkesalu, D. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Studi Kasus Pada Usaha Patriot Di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(2), 245 - 252. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/420
Fulltext