Dosis Efektifekstrak Umbi Gadung (Discorea hispida Dennst) Terhadap Spodoptera Exigua Hubner Pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)

Article History

Submited : June 29, 2020
Published : June 28, 2019

Spodoptera exigua Hubner adalah salah satu hama penting pada tanaman bawang merah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan beberapa dosis ekstrak umbi gadung untuk mengendalikan S. exigua (Lepidoptera : Noctuidae) pada tanaman bawang merah varietas lembah Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai Januari 2017 di Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Metode penelitian menggunakan rancangan acak kelompok dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Variabel pengamatan yang dilakukan yaitukepadatan populasi, intensitas serangan dan produksi bawang merah varietas lembah palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwakepadatan populasi hama tertinggi terdapat pada tanaman tanpa perlakuan (P0) sebesar 27,73 ekor/20 tanaman dan terendah pada (P5) sebesar 7,81 ekor/20 tanaman. Pengamatan intensitas serangan tertinggi terdapat pada tanaman tanpa perlakuan(P0) 25,64% dan terendah pada (P5) sebesar 9,40%. Pengamatan produksi bawang tertinggi terdapat pada tanaman perlakuan (P5) sebesar 7,82 ton/ha dan terendah terdapat pada tanaman tanpa perlakuan (P0) sebesar 4,13 ton/ha.

Hendrianto, H., Yunus, M., & Nasir, B. (2019). Dosis Efektifekstrak Umbi Gadung (Discorea hispida Dennst) Terhadap Spodoptera Exigua Hubner Pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(3), 306 - 312. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/432
Fulltext