PEMETAAN SIFAT FISIK DAN KIMIA TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DI DESA KARYA MUKTI KECAMATAN DAMPELASKABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : August 7, 2020
Published : August 30, 2019

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sifat fisik dan kimia tanah pada beberapa penggunaan lahan. Penelitiandilaksanakan di Desa Karya Mukti, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala. Analisis sifat fisik dan kimia tanahdilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan September 2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai secara langsung di lapangan dan dilanjutkan dengan pembuatan peta unit lahan dengan cara menumpang tindihkan peta kelerengan dan peta penggunaan lahan dengan menggunahkan aplikasi ArcGIS 10.1.Penentuan lokasi pengambilan sampel tanah untuk bahan analisis di laboratorium ditentukan secara sengaja (Purposive sampling) pada setiap unit lahan. Pengambilan  sampel tanah diambil sebanyak 3 titik pada setiap penggunaan lahan.Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif yaitu menjelaskan suatu keadaan yang ada dilapangan berdasarkan karakteristik tanah pada masing-masing penggunaan lahan Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan peta hasil sifat fisik dan kimia tanah. Hasil penelitian sifat fisik dan kimia yang beragam, permeabilitas tanah 1,87-10,54 cm/jam dengan kriteria agak lambat hingga agak cepat, Bulk Density tanah berkriteria sedang, porositas berkriteria baik hingga kurang baik, struktur bergranular, tekstur tanah didominasi lempung berpasir dan lempung berdebu, mempunyai bahan organik 3,35-11,53% dengan kriteria sedang hingga sangat tinggi, derajat kemasaman (pH) tanah yang masam dan agak masam, kapasitas tukar kation (KTK) tanah anatara 6,60-24,60 cmol(+)k g-1 degan kriteria rendah hingga sedang dan fosfor (P-tersedia) dari sangat rendah hingga sedang. Penggunaan lahan hutan, perkebunan dan sawah serta Kemiringan lereng yang berbeda mempengaruhi sifat fisik dan kimia tanah.

Adyana, 2002. Pengembangan Sistem Usaha Tani Pertanian Berkelanjutan. Penelitian Agro Ekonomi. Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2016. Kecamatan Dampelas dalam Angka, Tahun 2016. Kantor Pengelolaan Data dan Informasi Badan Pusat Statistik (BPS). Donggala. Sulawesi Tengah.

Balai Penelitian Tanah (Balittanah), 2005. Analisis Kimia Tanah, Tanaman, Air, dan Pupuk. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. Bogor. Jawa Barat.

Brady,N.C.,1990. The Natura and Properties of Soil. 10 ed. MacMilan Publishing Co. New York.

Hardjowigeno, S. 2007. Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Hardjowigeno, S. 2016. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Jakarta: Akademika Pressindo.

Hasibuan, B. A. 2006. Ilmu Tanah. Universitas Sumatra Utara. Fakultas Pertanian. Medan.

MargolangR. D., Jamilah, Sembiring M., 2015.Karakteristik Beberapa Sifat Fisik, Kimia, dan Biologi Tanah pada Sistem Pertanian Organik. J. Online Agroteknologi. Vol. 3(2): 717-723.

Njurumana G. Nd., Hidayatullah M, dan Butarbutar T., 2008. Kondisi Tanah pada Sistem Kaliwu dan Mamar di Timor dan Sumba. Info Hutan. Vol. 5(1):45-51.

Primadani P., Utomo S., dan Supriyadi., 2010. Pemetaan Kualitas Tanah pada Beberapa Penggunaan Lahan Di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyer. J. Ilmu Tanah dan Agroklimatologi. Vol. 7(2):83-96.

Rahim, S.E, 2003. Pengendalian Erosi Tanah dalam Rangka Pelestarian Lingkungan Hidup. Bumi askara. Jakarta.

Refliaty dan E.J. Marpaung., 2010. Agregat Ultisol pada Beberapa Penggunaan Lahan dan Lereng. Faperta. J. Hidrolitan. Vol. 1(2):35-42.

Saidi, A. 2006. Fisika Tanah dan Lingkungan. Fakultas Pertanian Universitas Andalas: Padang.

Saribun, D.S., 2007. Pengaruh Jenis Penggunaan Lahan dan Kelas Kemiringan Lereng terhadap Bobot Isi, Porositas Total, dan Kadar Air Tanah pada Sub-Das Cikapundung Hulu. [Skripsi]. Jurusan Ilmu Tanah. Universitas Padjajaran. Jatinagoro.

Tangketasik A., Wikarniti N. M., Soniari N. N., dan Narka I. W., 2012. Kadar Bahan Organik Tanah pada Tanah Sawah dan Tegalan di Baliserta Hubungannya dengan Tekstur Tanah. J. Agrotrop. Vol. 2(2):101-107.
Fikri, M., Monde, A., & Zainuddin, R. (2019). PEMETAAN SIFAT FISIK DAN KIMIA TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DI DESA KARYA MUKTI KECAMATAN DAMPELASKABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(4), 382 - 391. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/509
Fulltext