STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : September 17, 2020
Published : October 30, 2019

Penelitian ini bertujuan untuk  untuk mengetahui strategi bauran pemasaran pada usahatani jagung hibrida di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2018. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana dengan jumlah responden sebanyak 31 orang petani jagung hibrida. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil  penelitian setelah menentukan faktor internal dan ekternal sehingga diketahui bahwa keadaan usahatani jagung hibrida di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi berda pada kuadran 1 yaitu sanat menguntungkan, sehingga hasil dari matrix SWOT mendapatkan alternatif strategi bauran pemasaran yaitu : (1). Memperkuat jaringan pasar produk pertanian.; (2). Kebijakan di bidang peningkatan diversifikasi produksi dan pangan.; (3). Perbaikan infrastruktur pertanian, meliputi pembangunan, rehabilitasi, jalan usahatani, dan lain-lain.; (4). Pengembangan sarana industri jagung hibrida.; (5). Memperluas akses pasar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih ketika panen raya; (6). Penerapan sistem teknologi informasi melalui peran penyuluh.; (7). Penerapan kebijakan subsidi harga yang pro petani.; (8). Adanya program penyuluh mengenai sistem teknologi informasi dalam membantu proses pemasaran.

Amirullah, 2002, Strategi Marketing, Graha Ilmu. Jakarta.

Badan Penyuluh Pertanian Soulowe, 2017. Data Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Tanaman Jagung Hibrida di Kecamatan Sigi Biromaru. 2016.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sigi, 2016. Sigi dalam Angka 2016. http://www. sigikab.go.id

Engga,2013. Usahatani. http://masengga. wordpress.com/ Diakses tanggal 14 september 2017.

Gunarto, 2011. Agribisnis Pengembangan Usaha. Jurnal JSPI, Vol. 2 (1) Mei Hal. 93-95.

Novita, 2009. Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pemasaran. Vol. 10 No. 2, 2009 Hal. 112-123

Nurfauzi, 2006. Pedoman Umum Pengembangan Tanaman Pangan. Jurnal Inovasi. Vol. 8 No. 2, 2012. Hal. 77-71

Nurhalima, 2016, Manajemen Perekonomian Pertanian. Yogyakarta. BPFE Di Akses tangga; 21 September 2017.
Yanti, R., Hadayani, H., & Asih, D. (2019). STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(5), 520 - 528. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/546
Fulltext