Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Jagung (Zea Mays), Padi Sawah (Oryza sativa) dan Ubi Jalar (Ipomoea batatas) di Desa Lumbumamara Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala

Article History

Submited : September 17, 2020
Published : February 20, 2020

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuain lahanunstuckpengembangan tanaman pangan (Padi, Jagung, dan ubi jalar)di Desa Lumbumamara Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian  dilaksanakan mulai bulan Maret Sampai dengan Bulan April 2018 yang bertempat di Desa Lumbumamara Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Analisis tanah dilakukan di Laboratorium Unit Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei secara langsung dilapangan dan dilanjutkan dengan pembuatan peta unit lahan dengan cara menumpang tindihkan peta kelerangan dan peta penggunaan lahan dengan menggunakan aplikasi ArcGIS 10.4, sehingga didapatkan 7 unit lahan dengan kelerengan berbeda.

Abdurachman, 2005. Kriteria Biofisik dalam Penetapan Lahan SawahAbadidi Pulau Jawa. Jurnal Litbang Pertanian. 24 (4). 2005. Hal 12.

Badan Pusat Statistik, 2016. Kecamatan Banawa Selatan Dalam Angka.

Djaenudin, D., Marwah H., Subagyo., dan A. Hidayat. 2003. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, Badan Penelitian dan Pengembangam Pertanian Departemen Pertanian. Bogor.

Hardjowigeno, S. dan Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hesti,2015. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Ubi Kayu di Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Geografi. 4(4). 2015. Hal. 9.

Lastianingsih, T. 2008. Uji Efektivitas Fosfat Alam terhadap Pertumbuhan Produksi dan Serapan P Tanaman Jagung (Zea mays L.) pada Oxic Dystrudept Darmaga. J. Tanah dan Lingkungan.

Pahan,. 2008. Panduan Lengkap Kelapa Sawit (Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir). Penebar Swadaya (PS). Jakarta.
Chahyani Hasana, C., Ramlan, R., & A.Rajamuddin, U. (2020). Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Jagung (Zea Mays), Padi Sawah (Oryza sativa) dan Ubi Jalar (Ipomoea batatas) di Desa Lumbumamara Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(1), 178-191. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/550
Fulltext