ANALISIS PENDAPATAN USAHA JAMUR TIRAM PADA INDUSTRI SUMBER URIP JAMUR DI KOTA PALU

Article History

Submited : September 29, 2020
Published : October 30, 2019

Jamur tiram merupakan salah satu jamur kayu yang sanggat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki citarasa yang khas jamur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Budidaya Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat di kembangkan dengan tehnik yang sederhana dengan  meningkatkan nilai tambah produk pertanian, seperti halnya yang dilakukan masyarakat di Kota Palu yang membudidayakan jamur tiram dengan memanfaatkan buangan atau limbah seperti serbuk gergaji kayu sebagai media tumbuh jamur.   Selain itu , konsumsi masyarakat akan jamur tiram cukup tinggi, sehingga produksi jamur tiram mutlak diperlukan dalam skala besar.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  besarnya  nilai  pendapatan  yang  di  miliki  Industri Sumber Urip Jamur di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada Industri Sumber Urip Jamur. Data yang di gunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Penentuan responden di tentukan secara sengaja (purposive). Jumlah responden sebanyak 4 (empat) orang, yaitu pemilik Industri Sumber Urip Jamur, tiga orang karyawan Industri Sumber Urip Jamur responden di bantu dengan mengisi daftar pertanyaan (Quistioner). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan di mana π = TR-TC. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah pendapatan jamur tiram yang di peroleh Industri Sumber Urip Jamur selama bulan Maret tahun 2018 Rp. 5.902.954 dengan perhitungan dari hasil total penerimaan   (TR)   Rp. 11.240.000 dikurangi dengan total biaya (TC)   Rp. 5.337.046/bulan.

Direktorat Jenderal Bina Hortikultura. 2007. Luas Panen, Produktifitas dan Produksi Jamur Tiram Putih di Kabupaten Bogor. (Departemen Pertanian, Jakarta)

Lahay, B. 2011. Analisis Titik pulang pokok usaha bawang goreng studi kasus pada UD. Sri rejeki Dikota Palu, Tesis, Program studi Agribisnis, Universitas Tadulako, Palu.

Lipsey G. R, Peter O.P, dan Douglas D.P, 1990. Pengantar Mikro Ekonomi Jilid 1. Diterjemahkan Oleh Jaka, A. W dan Kirbrandok. Erlangga, Jakarta.

Meiganati. 2007. KB. Analisis Finansial dan Kelembagaan Usaha Jamur Tiram Putih untuk Pemanfaatan Limbah Industri Penggergajian [Tesis]. Sekolah Pasca Sarjana. IPB. Bogor

Rini Anggraeni. 2012. Analisis Pendapatan, Keuntungan dan Kelayakan Usaha Jamur Tiram di Kabupaten Sleman. AgroUPY Vol IV, No 1, Juli
2012:1978-2276.

Silvya Dara Mitha, dkk. 2015. Analisis Pendapatan dan Kesejahteraan Produsen Jamur Tiram di Kota Metro. JIIA, Vol 3 No 2, April 2015.

Sumarmi. 2006. Botani dan Tinjauan Gizi Jamur Tiram Putih. Jurnal InovasiPertanian 4(2):124-130

Suriawiria, U. 1986. Sukses Beragrobisnis Jamur Kayu: Shiitake, Kuping, Tiram. Penebar Swadaya. Jakarta.
Jannah, R., Muis, A., & Afandi, A. (2019). ANALISIS PENDAPATAN USAHA JAMUR TIRAM PADA INDUSTRI SUMBER URIP JAMUR DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(5), 583 - 589. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/560
Fulltext