Karakteristik Mangga (Mangifera indica L.) Lokal Berdasarkan Ciri Morfologi Dan Anatomi

Article History

Submited : October 16, 2020
Published : October 30, 2018

Mangga (Mangifera indica L), adalah buah yang berasal dari India, mangga memiliki banyak varietas. Buah mangga umumnya dipasarkan dalam bentuk segar, baik untuk tujuan domestik maupun ekspor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengkarakterisasi aksesi mangga dodor  yang berada di Lembah Parigi Moutong melalui analisis morfologi dan anatomi di Desa Sakinah Jaya dan Desa Kayu Boko Kabupaten Parigi Moutong.  Pelaksanaan Penelitian ini dimulai pada Bulan  Juni sampai Agustus 2016.  Metode Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi pada aksesi secara langsung dengan mengobservasi  karakter morfologi tanaman mangga yang dilanjutkan dengan pengamatan karakter anatomi.  Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  beberapa  aksesi  yang  terpilih dari masing-masing  Desa di Kecamatan Parigi Utara dan Kecamatan Parigi Barat  berdasarkan  karakteristik  morfologi, anatomi, batang dan anatomi daun tanaman mangga yang  rata-rata diwakili  oleh tiga  sampai  empat aksesi  pada setiap Desa.  Seperti  pada Desa Sakinah  Jaya  pada jarak 0.7 diperoleh tiga aksesi yang terpilih yaitu  Sakinah Jaya15, Sakinah Jaya 1, dan Sakinah Jaya12.  Dan di Desa Kayu Boko terdapat tiga aksesi  yaitu  Kayu Boko2, Kayu Boko10, dan Kayu Boko14.  Sedangkan hasil dari penggabungan dari Desa Sakinah Jaya dan Desa Kayu Boko, terdapat  tiga aksesi yang  terpilih yaitu pada sampel Sakinah Jaya1, Kayu  Boko10 dan Sakinah  Jaya14.

Badan Pusat statistik, Badan Perencanaa pembangunan nasional, United Nation Population Fund. 2014. Proyeksi Penduduk Indonesia: 2010-2035. BPS.Jakarta.
Badan Pusat Statistik, 2015. Profinsi Sulawesi Tengah Dalam Angka . BPS Profinsi Sulawesi Tengah.
Badan Pusat Statistik. 2013. Kabupaten Parigi Moutong dalam Angka. BPS Kabupaten Parigi, Moutong.
Badan Pusat Statistik. 2015. Kabupaten Parigi Donggala dalam Angka. BPS Kabupaten Donggala.
Badan Pusat Statistik. 2013. Kabupaten Parigi Sigi dalam Angka. BPS Kabupaten Sigi.
Jintanawong, S., Hiranpradit II. Daungpikul, P. Polprasit. 1999. Group Charairizallon of Thai Mango (Mangefera indica L.). p. 254-261.In S. Subhadrabadhu (Ed), Acta Hortuculture. ISHS. Thailand.
Krismawati, A. 2008. Eksplorasi dan Karakterisasi Buah Spesies Kerabat Mangga kalimantan Tengah. Buletin Plasma Nutfah, Nomor 2 Volume.14
Kabir, K. 2017. Analisis morfologi dan anatomi aksesi mangga dodor ( Mangifera sp) di Kecamatan Sindue Kabupaten donggala, Jurnal. Fakultas Pertanian UNTAD, Palu.
Prahasta. 2009. Agribisnis Mangga . Pustaka Grafika. Bandung.
Wulandari, W.T. 2017. Identifikasi morfologi dan anatomi mangga (mangifera indica L ) di Desa Pombolowo Kabupaten Parigi Moutong, Jurnal. Fakultas Pertanian UNTAD, Palu.
Asfiani, A., Samudin, S., & Madauna, I. S. (2018). Karakteristik Mangga (Mangifera indica L.) Lokal Berdasarkan Ciri Morfologi Dan Anatomi. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(5), 609 - 619. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/576
Fulltext