Analisis Produksi Usahatani Padi Sawah Di Desa Lembasada Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala

Article History

Submited : October 16, 2020
Published : October 30, 2018

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh luas lahan, benih, pupuk, tenaga kerja dan pestisida terhadap produksi padi sawah di Desa Lembasada Kecamatan Banawa Selatan. Responden dalam penelitian berjumlah 30 orang petani dengan total populasi 102 petani di Desa Lembasada. Metode analisis yang digunakan yaitu fungsi produksi Cobb-Douglas. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel luas lahan (X1), benih (X2), pupuk (X3), tenaga kerja (X4) dan pestisida (X5) sangat berpengaruh terhadap peningkatan produksi padi sawah. Namun, variabel luas lahan dan pestisida tidak signifikan dalam mempengaruhi produksi padi sawah di Desa Lembasada. Sehingga disarankan senantiasa mengoptimalkan penggunaan infut produksi guna meningkatan produksi padi sawah sehingga berbanding lurus terhadap pendapatan.

Adiwilaga, A.,1994. Ilmu usahatani. Alumni, Bandung.

Daniel, M., 2002.Pengantar Ekonomi Pertanian.
Bumi Aksara, Jakarta

Hasan, Ikbal M. 2002. Metodologi Penelitian dan aplikasinya.Gahlia Indonesia, Jakarta

Soekartawi. 2001. Ilmu Usahatani. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Soekartawi. 2003. Agribisnis Teori dan Aplikasinya, Penerbit PT Raja GrafindoPersada ,Jakarta.

Soekartawi. 2010, Agribisnis, TeoridanAplikasi . Penerbit Rajawali Pers, Jakarta

StatistikDonggala. 2016. Statistik Daerah KecamatanBanawa Selatan. Alfa Beta. Palu.

World Bank. 2003. Prioritas masalah Pertanian di Indonesia. Indonesia Expanding Horison. Di akses melalui (http://siteresources. worldbank.org) padatanggal 25 Juli 2017.
Paerah, M. A. (2018). Analisis Produksi Usahatani Padi Sawah Di Desa Lembasada Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(5), 627 - 633. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/578
Fulltext