Strategi Pengembangan Usaha Keripik Nangka Pada Industri Rumag Tangga “ Tiara ” Di Kota Palu

Article History

Submited : October 16, 2020
Published : October 30, 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha kripik nangka yang tepat dapat diaplikasiakan pada Industri Rumah Tangga “Tiara” di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan Pada Bulan Februari – Maret 2017, jumlah responden sebanyak 5 orang,  alat analisis yang digunanakan yaitu analisis SWOT, dengan menganalisis faktor Internal dan faktor Eksternal dari Industri Rumah Tangga “Tiara” di Kota Palu. Berdasarkan hasil analisis SWOT bahwa posisi Strategi Industri Rumah Tangga “Tiara” berada pada kuadrat I kekutan dan peluang (SO) hasil penelitian didapatkan beberapa srategi pengembangan usaha Kripik Nangka yang tepat diaplikasiakan pada Industri Rumah Tangga “Tiara” di Kota Palu yaitu (a) memanfaatkan ketersediaan bahan baku untuk menigkatkan produksi guna menangkap peluang yang tinggi (b) memanfaatkan kemasan produk yang menarik serta harga produk yang terjangkau guna menagka menangkap peluang melalui perkembangan media promosi yang cepat (c) Terus menjaga kualitas produk guna menangkap adanya peluang dari pemerintah melalui bantuan-bantuan serta kegiatan-kegiatan yang diadakan pemerintah seperti pameran.

Arni Tirsa Pele. (2013) .Strategi Pengembangan Keripik Singkong Balado Pada UKM “Puding Mas” Dikota Palu. Junrnal Agrotekbis Vol. 1 (5) Desember 2013, Hal 457-463.

David, F, R. 2004. Manajemen Strategi, Edisi Kesembilan. PT. Intan Sejati Klaten, Jakarta

David, F. R, 2006. Konsep Manajemen Strategi.Salemba Empat, Jakarta.

Hong GS, Alwi JR, dan Rajendra K. 2005.Beyound Book Value. Lessons Learned From PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Ray Indonesia. Jakarta
Kurniawan, A. 2014. Pengembangan Usaha Keripik Nangka. Proposal Program Studi Kewirausahaan IBI Darmajaya.
Marzuki, 2013. Analisis Profitabilitas pada Usaha Peternakan Sapi Perah. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Semarang. Jurnal Agribisnis 4 (2) : 18-29.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rukmana, R.2000. Budidaya Nangka. Penebar Swadaya, Jakarta.
Saragih, 2000. Pengembangan Agroindustri Melalui Peneliti Pengembangan Produk Yang Intensif dan Berkesinambungan. Jurnal AgroekonomiJurusan Sosial Ekonomi Pertanian UGM. Yogyakarta. 7 (1) :181-188.
Ulima Mandasari.,Lubis Satia.,dan Supriana, 2014. Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Produk Olahan Kopi Bubuk Arabika (Coffea Arabica) di Desa Sait Buttu Saribu Kabupaten Simalungun. Jurnal Skripsi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Maret (1). 76-88.
Tofan, T., Laapo, A., & Lamusa, A. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Nangka Pada Industri Rumag Tangga “ Tiara ” Di Kota Palu. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 7(5), 686 - 693. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/585
Fulltext