ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DENGAN SISTEM TANAM PINDAH DI DESA SIOYONG KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : January 15, 2021
Published : April 29, 2020

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui faktor produksi luas lahan, benih, pupuk dan tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi usahatani padi sawah dengan sistem tanam pindah di Desa Sioyong Kecamatan Dampelas  Kabupaten Donggala. Penelitian dilaksanakan di Desa Sioyong Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.Pemilihan daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Sioyong merupakan salah satu daerah dengan produksi padi sawah terbesar di Kecamatan Dampelas. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari -  Mei 2018. Analisis yang digunakan adalah Fungsi Produksi Cobb-Douglass.Hasil penelitian menunjukkan Secara simultan (Uji F) variabel luas lahan, benih, pupuk dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah sistem tapin di Desa Sioyong.Sedangkan secara parsial (Uji t) variabel luas lahan, benih dan pupu berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah sistem tapin di Desa Sioyong, sedangkan variabel tenaga kerja berpengaruh tidak nyata terhadap produksi padi sawah di Desa Sioyong.

Bambang S., Azis P., dan Nasrullah, 2011. Heteroses Standar Hasil Gabah dan Analisis Lintasan Beberapa Kombinasi Persilangan Padi pada Tanah Berpengairan Teknis.Jurnal Ilmu Pertanian Vol.10 No.2.2003.
Dermawan, D. R. 2014. Analisis produksi dan pendapatan usahatani padi sawah di Desa NAmbaru Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu (Tidak dipublikasikan).
Effendy, 2010.Efisiensi Faktor Produksi dan Pendapatan Padi Sawah di Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso.Jurnal Agroland Vol.17 No.3 2010.
Fitria, A. dan Imam Hidayat, 2017.Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Vol. 6. No 4. 2017.
Mudasir.2013. Analisis Produksi Usahatani Padi Sawah di Daerah Irigasi Torue Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu.
Muzdalifah.2011. Analisis Produksi dan Efisiensi Usahatani Padi di Kabupaten Banjar, J. Agribisnis Pedesaan Vol. 01 No. 04. 2011.
Rismawati. 2013. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah Sistem Tanam Benih Langsung di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu.
Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan AnalisisFungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Rifai, M., & Sulaeman, S. (2020). ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI SAWAH DENGAN SISTEM TANAM PINDAH DI DESA SIOYONG KECAMATAN DAMPELAS KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(2), 257 - 264. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/634
Fulltext