PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PEMANGKASAN BUAH

Article History

Submited : January 15, 2021
Published : April 29, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi dari pemberian pupuk organik cair dan pemangkasan buah dengan berbagai taraf terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon, mengetahui dosis pupuk organik cair urin sapi yang lebih baik melon dan mengetahui taraf pemangkasan buah yang lebih baik pada pertumbuhan dan hasil tanaman melon.  Penelitian ini dilaksanakan di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah. Penelitian berlangsung pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni  2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Pola Faktorial dengan dua faktor perlakuan, yaitu Faktor Pertama: Konsentrasi Pupuk Organik Cair dengan 4 taraf yaitu N1 (50 ml/L), N2 (100 ml/L), N3 (150 ml/L) dan N4 (200 ml/L). Faktor Kedua: Pemangkasan Buah dengan 3 taraf yaitu P1 (2 buah ditinggalkan di tanaman), P2 (3 buah ditinggalkan di tanaman) dan P3 (4 buah ditinggalkan di tanaman).  Masing-masing kombinasi perlakuan di ulang sebanyak 3 kali sehingga total unit percobaan berjumlah 36 unit. Hasil penelitian menunjukan yaitu tidak ada pengaruh interaksi antara  perlakuan dosis pupuk organik cair dan pemangkasan buah terhadap semua variabel yang diamati, perlakuan yang memberikan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon yaitu untuk parameter pertumbuhan tanaman melon diperoleh pada  perlakuan N4 dan P3. perlakuan konsentrasi pupuk organik cair 200 ml/L (N4) memberikan pengaruh pertumbuhan dan hasil tanaman melon yang lebih baik terhadap semua variabel yang diamati dan perlakuan P1 memberikan pengaruh hasil tanaman melon yang lebih baik.

Ade Ayu S, Juhriah, Muhtadin Asnady S.,dan Zohra Hasyim. Pertumbuhan dan Produksi Melon Cucumis Melo L Var. Action dengan Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) Vermikompos. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Adijaya, I. N. dan I. M. R. Yasa. 2014. Pengaruh Penjarangan Buah Terhadap Produktivitas dan Kualitas Buah Salak Gula Pasir pada Panen Raya. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi: 445-451.

Daryono BS, Maryanto SD, Huda IN. 2011.
Kebangkitan Pertanian Indonesia. Yogyakarta: Kebun Pendidikan Penelitian Pengembangan Pertanian (KP4) Universitas Gadjah Mada.

Departemen Pertanian. 2012. Melon, Buah Segar Berpotensi. Diakses dari Http://www.deptan.go.id, Diakses pada tanggal 27 Januari 2018.

Dharmayanti N K S., Supadma N, Arthagama D M. 2013. Pengaruh Pemberian Biourine dan Dosis Pupuk Anorganik (N,P,K) Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pegok dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus sp.). Fakultas Pertanian, Universitas Udayana

Hery, N. 2007. Budidaya Melon. Azka press, Jakarta.

Karya, B. 2009. Budidaya Tanaman Melon: Teknik Budidaya dan Penanganan Pasca Panen. Yrama Widya. Bandung.

Minanti, N, 2011. Pemberian Macam Dan Dosis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Melon, Http://digilib.uns.ac.id, Diakses pada tanggal 27 Januari 2018.

Noor, A, S. 2013. Pemanfaatan Urin Sapi Sebagai POC (Pupuk Organik Cair) Dengan Penambahan Akar Bambu Melalui Proses Fermentasi Dengan Waktu Yang Berbeda. Jurnal Pertanian. Vol. 1, Hal. 11-14.

Poerwanto, R. 2003. Pengelolaan Pohon Buah-Buahan. Program Studi Hortikulktura. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prajnanta F. 2004. Pemeliharaan secara Intensif dan Kiat Sukses Beragrobisnis Melon. Jakarta: PT Penebar Swadaya. Hal 1-5, 8-12.

Prastowo. 2013. Pengaruh Pemberian Biourine dan Dosis Pupuk Anorganik (N,P,K) Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pegok dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus sp.). Fakultas Pertanian, Universitas Udayana

Purwowidodo. 1992. Telaah Kesuburan Tanah. Penerbit Angkasa, Bandung.

Priangga R., Suwarno dan Hidayat N. 2013. Pengaruh Level Pupuk Organik Cair Terhadap Produksi Bahan Kering Dan Imbangan Daun-Batang Rumput Gajah Defoliasi Keempat. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Risda Hapsari, Didik Indradewa, Erlina Ambarwati. 2017. Pengaruh Pengurangan Jumlah Cabang dan Jumlah Buah terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Solanum Lycopersicum L.). Jurnal Vegetalika. 2017. 6(3): 37-49.

Setyamidjaja. 1986. Pupuk dan Pemupukan, Departemen Tanah, Fakultas Pertanian IPB, Bogor.

Sevindrajuta. 2017. Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Melon (Cucumis melo L.) Akibat Pemberian tepung Cangkang Telur Dengan Berbagai Jenis Pupuk Kandang. Jurnal Pertanian UMSB, Vol. 1, No. 2

Sri Setyadi Hardi. 1991. Pengantar Agronomi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Pranoto, M. A., Syakur, A., & Ramli, R. (2020). PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PEMANGKASAN BUAH. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(2), 300 - 308. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/639
Fulltext