FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH MELON DI KOTA PALU

Article History

Submited : January 18, 2021
Published : April 30, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan buah melon  di Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2018 di Pasar Tradisional (Masomba dan Manonda). Jumlah sampel 30 responden yang mengonsumsi buah melon, dengan metode Sampling aksidental. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa, variabel harga buah melon, harga barang subtitusi (semangka), pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan umur secara simultan signifikan terhadap permintaan buah melon. Secara parsial variabel harga buah melon, harga  buah semangka, jumlah tanggungan keluarga dan umur berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan buah melon            di Kota Palu .

Alfauzan, F., dkk. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang memepengaruhi perilaku Konsumen terhadap Keputisan Pembelian Buah Impor di Pasar Johar Kota Semarang. Jurnal MediaAgro VOL. 11 NO. 1. 2015. HAL 35-46
Gay, L.R dan Diehl, P.L. 1992. Research Methods for Business and Management. MacMillan Publishing Company. New York.

Ghozali, I 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kilamase, D. dkk. 2015. Analisis Permintaan Buah Anggur Pada Pasar Modern di Kota Ambon. Jurnal Agrilan. Vol. 3 No.3

Kotler, P dan Kevin, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Medikana, N.A dkk. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buah Salak Bali Oleh Rumah Tangga di Kota Denpasar, Provensi Bali. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Vol.5 No.1
Raharjo P. dan Manurung M, 2001. Teori Ekonomi Makro. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suryawati. 2005. Teori Ekonomi Mikro, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Tjiptono, F. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Teori Ke Praktik. Raja Grafindo. Jakarta

_______. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

¬¬¬¬Wirakusumah, E. S., 2000. Buah dan Sayur untuk Terapi. Penebar Swadaya. Jakarta
Mulyadarma, M., & Muis, A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN BUAH MELON DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(2), 432 - 441. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/660
Fulltext