UJI PATOGENISITAS BAKTERI PELARUT FOSFAT YANG DI ISOLASI DARI RHIZOSFIR TANAMAN KOPI (COFFEA SP.) DAN PAITAN (TITHONIA DIVERSIFOLIA) DI DESA RAILAKU VILA KECAMATAN RAILAKU TIMOR-LESTE

Article History

Submited : January 18, 2021
Published : April 30, 2020

Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui jumlah koloni dan morfologi bakteri pelarut fosfat (BPF) dari rhizosfer Kopi (Coffea sp.) dan Paitan (Tithonia diversifolia) sehingga bisa di uji sifat patogenisitas dari beberapa isolat BPF yang digunakan. Pengambilan sempel tanah di lapangan menggunakan metode polar sampling, dengan metode tersebut maka diperoleh tiga sampel komposit untuk tanaman kopi dan juga tiga sampel komposit untuk tanaman paitan.  Dari sampel-sempel tersebut diperoleh tiga isolat untuk kopi yaitu isolat 1 (KB,ZS), isolat 2 (KB,ZL), isolat 3 (KK,ZL) dan lima isolat untuk paitan yaitu isolat 4 (KB,ZS), isolat 5 (KB,ZS), isolat 6 (KK,ZS), isolat 7 (KK,ZL) dan isolat 8 (KB,ZS). Kedelapan  isolat tersebut kemudian diuji patogenisitasnya secara kualitatif dengan dibandingkan antara patogen (Xanthomonas oryzae) dan kontrol. Kedelapan isolat BPF tersebut diuji dengan cara menginjeksi pada tanaman padi yang ditumbuhkan pada ruang aseptik. Isolat-isolat tersebut tidak memiliki sifat sebagai patogen.  Isolat 3 dan 6 yang memiliki pengaruh pertumbuhan, kemungkinan besar isolat BPF tersebut bukan hanya sebagai bakteri pelarut fosfat namun bisa jadi sebagai bakteri pemacu tumbuh secara langsung memproduksi fitohormon yang dapat menginduksi pertumbuhan.

Arfarita1,N,. Lestari, M, W., Murwani1, I., Higuchi, T, 2017. Isolation of indigenous phosphate solubilizing bacteria from green bean rhizospheres. Volume 4, Number 3 (April 2017): 845-851.
Diresaun Statistika nasional Timor-Leste 2010. Timor-Leste Geography and agriculture. http://www.factfish.com/countrycategory/timorleste/geography%20and%20agriculture. Diakses pada tanggal 8 april 2018

George, T.S., Gregori, P.J., Wood, M., Read, J and Buresh, R.J. 2002. Phosphatase activity and organic acids in the rhizosphere of potential agroforestry species and maize. Soil Biol Biochem 34:1487-1494.

Herman M, dan Pranowo D, 2013. Pengaruh Mikroba Pelarut Fosfat Terhadap Pertumbuhan Dan Serapan Hara P Benih Kakao (Theobroma Cacao L.). Buletin Ristri 4 (2): 129-138.

Marista, E., Khotimah, S., Linda, R., 2013. Bakteri Pelarut Fosfat Hasil Isolasi dari Tiga Jenis Tanah Rizosfer Tanaman Pisang Nipah (Musa paradisiaca var. nipah) di Kota Singkawang. Vol 2 (2): 93 – 101.

Purwaningsih, S, 2003. Isolasi, Populasi dan Karakteristik Bakteri Pelarut Fosfat pada Tanah dari Tanam Nasional Bogani Nani Wartabone, Sulawesi Utara. Biologi 3 (1): 22-31.

Saraswati R., E. Husen., dan R.D.M. Simanungkalit, 2012. Metode analisis Biologi Tanah. Badang Penelitian dan Pengembangan Pertanian: Bogor. Hal 5-11.

Waluyo, L, 2008. Teknik Metode Dasar Mikrobiologi. Universitas Muhamadiyah Malang: Press, Malang/
Efi, P., Pata’dungan, Y., & Basir, M. (2020). UJI PATOGENISITAS BAKTERI PELARUT FOSFAT YANG DI ISOLASI DARI RHIZOSFIR TANAMAN KOPI (COFFEA SP.) DAN PAITAN (TITHONIA DIVERSIFOLIA) DI DESA RAILAKU VILA KECAMATAN RAILAKU TIMOR-LESTE. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(2), 473 - 482. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/665
Fulltext