ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI KELAPA SAWIT ANTARA PETANI SWADAYA DENGAN PETANI PLASMA DI DESA TAMARUNANG KECAMATAN DURIPOKU KABUPATEN MAMUJU UTARA

Article History

Submited : Januari 19, 2021
Published : Juni 30, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan usahatani kelapa sawit petani Swadaya dan petani Plasma, serta untuk mengetahui seberapa besar perbandingan pendapatan usahatani kelapa sawit petani Swadaya dan petani Plasma. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara Proportional Stratified Random Sampling Jumlah petani sampel yang diambil distratakan berdasarkan petani Swadaya dan petani Plasma, sebanyak 20 responden petani Swadawa dan 20 responden petani Plasma. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan usahatani dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah pendapatan usahatani kelapa sawit petani swadaya sebesar Rp 25.322.748/Ha sedangkan usahatani kelapa sawit petani Plasma pendapatan sebesar Rp 18.144.868/Ha. Perbandingan pendapatan usahatani kelapa sawit petani Swadaya dan petani Plasma diperoleh nilai t-hitung sebesar 9,04>2,02 (α 5%) yang berarti H0 ditolak dan H1 teruji kebenarannya bahwa pendapatan usahatani kelapa sawit per hektar petani Swadaya lebih besar dari pada pendapatan petani Plasma.

Almahdi Syahza. 2004. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Melalui Pengembangan Industri Hilir Berbasis Kelapa Sawit Di Daerah Riau ; Jurnal Sosiohumaniora Vol. 6, No. 3

Ari Krisnohadi. 2011. Analisis Pengembangan Lahan Gambut Untuk Tanaman Kelapa Sawit Kabupaten Kubu Raya ;Jurnal Perkebunan & Lahan Tropika, Vol. 1. Hal. 1.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat. 2016.

Eka Ernia Lestari. 2015. Studi Komparatif di Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Pola Plasma dan Pola Plasma Dalam Menghadapi Sertifikasi RSPO ; Jurnal SOROT, Vol 10. Hal. 96.

I Wayan Mustapa. 2013. Analisis Komparatif Pendapatan Usahatani Kelapa Sawit Kelompok Iga dan Plasma Di Desa Gunung Sari Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju ; Jurnal Agrotekbis 1, Hal. 158.

Marsia verawaiti. 2013. Analisis Perbandingan Pendapatan Antara Petani Kelapa Sawit Perorangan dengan Pola Kemitraan di Kabupaten Landak ; Jurnal Curvanomic, Vol. 2, No. 2.

Priyo pangestu. 2015. Analisis Keragaan Petani Kelapa Sawit Pola Plasma di Desa Mekar Jaya Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar Dan Pola Swadaya di Desa Bukit Lembah Subur Kecamatan Ukui Kabupaten Pelawan; Jurnal Jom Faperta, Vol.2. Hal.13-14.
Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.
Walpole, Ronald E. 1993. Pengantar Statistika. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama