ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG DI DESA LABUAN TOPOSO KECAMATAN LABUAN KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : Januari 19, 2021
Published : Juni 30, 2020

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pendapatan usahatani jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan kabupaten Donggala, dan Untuk mengetahui kelayakan usahatani Jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, Penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara Simpel Random Sampling Jumlah petani sampel yang diambil distratakan berdasarkan petani jagung sebanyak 30 responden dari populasi petani sebesar 98 petani jagung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan usahatani dan Analisis Kelayakan R/C Ratio. Hasil penelitian ini adalah rata-rata/ha pendapatan yang diterima oleh petani  jagung selama satu kali musim tanam adalah sebesar Rp.4.059.531,47/0,66Ha/MT atau Rp.6.166.376,91/Ha/MT. Hasil analisis kelayakan R/C Ratio usahatani jagung di Desa Labuan Toposo sebesar 1,86 dimana usahatani jagung di Desa Labuan Toposo layak untuk di usahakan. Artinya bahwa dengan pengeluaran sebesar Rp.1 akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1,86.

Badan Pusat Statistik Indonesia, 2015.

BPT (Balai Pengkajian Teknologi) Pertanian, 2009. Sektor Pertanian (Komposit). Jakarta. (e-J. Agrotekbis vol 1 (2) : 166-172.

Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Gultom, 1998. Pengaruh Irigasi terhadap Kinerja Usahatani Padi Sawah dan Distribusi Pendapatan Diantara Faktor-faktor Produksi di Kabupaten Simalungun. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

Ni Ketut Agustyari, dkk (2013). Perbandingan Pendapatan Usahatani Jagung Manis dan Padi di Subak Delod Sema Padanggalak Desa Kesiman Petilan Kecamatan Denpasar Timur. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Vol. 2, No. 4, JL.PB Sudirman Denpasar 80232 Bali.

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta :.LP3ES.

Rahim A. dan DRD. Hastuti., 2008. Pengantar Ekonomi dan Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Simon Juan Kune, 2017. Analisis Pendapatan dan Keuntungan Relatif Usahatani Jagung di Desa Bitefa Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten TT. Vol.2. Fakultas Pertanian, Universitas Timor, Kefamenanu, TTU – NTT, Indonesia.

Soekartawi,2002. Faktor Produksi Usahatani. Universitas Indonesia, Press. Jakarta.

Yantu, M. R., dan Rauf, R. A., 2012. Handaut Ekonomi Mikro. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako, Palu.