PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAWANG PUTIH GORENG PADA UKM HJ MBOK SRI DI KOTA PALU

Article History

Submited : January 19, 2021
Published : June 30, 2020

Penelitian ini dilaksanakan di UKM Hj. Mbok Sri berlokasi di jalan Abdul Rahmatsaleh BTN Mutiara Indah Blok  E Nomor 13 KelurahanBirobuli Kota Palu Sulawesi tengan. Lokasi ini dipilih secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa, UKM Hj. Mbok Sri merupakanindustri yang mengelola bawang putih menjadi bawang putih goreng, penelitian ini telah di laksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2017.UKM Hj. Mbok Sri. Merupakan satu satunya yang memproduksi Bawang Putih Goreng yang berada di Jalan Abdula Rahmat Saleh BTN Mutiara Indah Blok E Nomor 13 Kelurahan Birobuli Kota Palu Sulawesi. UKM Hj. Mbok Sri memiliki masalah dengan persediaan bahan baku yaitu, keterlambatan bahan baku.Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui jumlah pemesanan yang ekonomis (Quantity/EOQ dan Economic order) dalam persediaan bahan baku pada UKM Hj. Mbok Sri untuk mengetahui besar persediaan (Safty Stock) pada UKM Hj. Mbok Sri untuk mengetahui lama waktu untuk melakukan pemesanan kembali (Reorder Points) (ROP) terhadap persediaan bahan baku pada UKM Hj. Mbok Sri.Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan daftar pertanyaan (questionaire). Data sekunder diperoleh  dari instansi terkait, literatur-literatur dan penelitian- penelitian terdahulu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah EOQ (Economic Order Quantity), persediaan pengaman (Safety Stock) , pemesanan kembali (Reoder Point). Hasil  penelitian menunjukan bahwa jumlah pembelian ekonomis bahan baku Bawang Putih Goreng dengan menggunakan analisis persediaan bahan baku pada UKM Hj. Mbok Sri untuk bulan Juni-November sebesar 396.000 Kg. Persediaan pengaman (Safety Stock) yang harus tersedia digudang  pada UKM Hj. Mbok Sri sebesar 25 Kg. Titik pemesana kembali yang harus dilakukan UKM Hj. Mbok Sri pada Bulan Juni- November sebesar 65 Kg.

Alicia, 2011. Pengendalian Persediaan Bahan Baku. HTTP// koleksi – Skripsi.blogspot.com /2011/04/Pengendalian-bahan- baku.html.Di Akses pada Tanggal 27 Mei 2012 .

Gimanez, C, & Ventura, E. 2005. Logistik-Produksi, Logidtik-Pemasaran dan Integrasi Eksternal : Dampaknya Pada Kinerja. Internasional Journal. Operasi & Manajemen Produksi, Vol.25, no, 1, hal. 20-38

Lantang, M. Tesalonika, 2013. Penerapan Metode Penilaian Persaediaan Bahan Baku Pada PT. Cargil Indonesia-copracrushing plant Amurang. Jurnal Embal ISSN 2303-1174. Vol. 1. No. 3. http://ejournal.unsrat.ac.id. Diakses 14 Juli 2014. Hal 46-54.

Rangkuti, 2002. Manajemen Persediaan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Bpfe. Yogyakarta.

Soekartawi, 2001. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi, 2012. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wibowo, 2004. Manfaat dan Kegunaan Bawang Putih.www.iptek.net. Diakses Pada Tanggal 05 November 2012.
Adrian, A., Lamusa, A., & Sulaeman, S. (2020). PERSEDIAAN BAHAN BAKU BAWANG PUTIH GORENG PADA UKM HJ MBOK SRI DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(3), 528 - 533. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/672
Fulltext