PENENTUAN KOMODITI BASIS SUB-SEKTOR TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH

Article History

Submited : February 8, 2021
Published : February 4, 2021

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis komoditi tanaman pangan yang menjadi basis di Kabupaten Donggala berdasarkan produksi dan luas areal panen dan untuk mengetahui perubahan peranan yang terjadi pada komoditi tanaman pangan di masa yang akan datang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan yakni Location Quotient (LQ) dan Dynamic Location Quotient (DLQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis LQ terhadap nilai luas panen subsektor tanaman pangan di Kabupaten Donggala, menunjukan bahwa komoditi padi sawah, padi ladang, ubi kayu, kacang hijau dan kacang tanah merupakan komoditi yang menjadi basis, sedangkan hasil analisis LQ terhadap nilai produksi komoditi subsektor tanaman pangan ialah komoditi jagung. Adapun komoditi subsektor tanaman pangan di Kabupaten Donggala yang diharapkan untuk menjadi komoditi basis dimasa depan berdasarkan dari luas panen yakni padi sawah, padi ladang dan kedelai, sedangkan komoditi yang diharapkan untuk menjadi komoditi basis dimasa depan berdasarkan dari produksi yang  yakni komoditi padi sawah.

Astuti dan Surmalin, 2014. Analisis Komoditi Unggulan Tanaman Pangan Dan Kinerja Terhadap Pembangunan Pertanian Di Kabupaten Lampung Barat. Jurnal kelitbbangan, VOl.03(1): 101-105.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2018. Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018. Jakarta Pusat.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Donggala, 2018. Donggala dalam angka 2018. BPS Kabupaten Donggala.

Khasanah, N, 2018. Komoditas Tanaman Pangan Dan Ternak di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pertanian Agros Vol. 20 No.2, Juli 2018: 74-78.

Puspita dan Eko, 2013. Identifikasi Potensi Komoditas Unggulan Pada Koridor Jalan Lintas Selatan Jatim Di Kabupaten Tulungagung-Trenggalek. Jurnal Teknik Pomits. Vol.02(2): 121-122.

Sagrim, M., Sumule AI., Deny AI., dan Michael, B, 2017. Potensi Unggulan Komoditas Pertanian pada Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia Vol. 22 (3): 141:146.

Subandi. 2014. Ekonomi Pembangunan. Bandung : Alfabeta.
Aminuddin, A., Laapo, A., & Asih, D. (2021). PENENTUAN KOMODITI BASIS SUB-SEKTOR TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH. AGROTEKBIS : E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 9(1), 14 - 21. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/721
Fulltext