Pengaruh Berbagai Jenis Pupuk Organik Pada Panjang Stek Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Bibit Buah Naga ( Hylocereus costaricensis)

Article History

Submited : June 22, 2020
Published : December 31, 2016

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai jenis pupuk organik dan berbagai panjang stek yang berbeda terhadap pertumbuhan bibit buah naga. Penelitian dilaksanakan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, pada bulan april sampai dengan bulan juni 2015. Penelitian ini mengunakan rancangan acak kelompok (RAK)  dengan pola faktorial dua faktor. Faktor pertama adalah panjang stek (S)  yang terdiri atas  3 (tiga) ukuran yaitu : S1 = 20 cm, S2 = 25 cm, S3 = 30 cm.  Kemudian faktor kedua adalah pemberian berbagai jenis pupuk kandang (P) yang terdiri atas 4 (empat)  perlakuan, yaitu: Pa =  Kontrol, Pb =  Pupuk kandang ayam, 50 g/polybag, Pc = Pupuk kandang kambing, 50 g/polybag, Pd = Pupuk kandang sapi, 50 g/polybag.  Berdasarkan kedua faktor tersebut, maka diperoleh 12 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, dan masing-masing perlakuan terdiri atas dua polybag, sehingga terdapat 72 unit percobaan.  Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis keragaman (uji F), pada taraf kepercayaan 95% atau α 0,5. Bila perlakuan berpengaruh nyata akan dilanjutkan dengan uji beda nyata jujur (BNJ) α 0,5.

Kesuma, K., Ete, A., & Noer, H. (2016). Pengaruh Berbagai Jenis Pupuk Organik Pada Panjang Stek Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Bibit Buah Naga ( Hylocereus costaricensis). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 4(6), 675 - 683. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/74
Fulltext