BAURAN PEMASARAN IKAN ASIN DI DESA OKUMEL KECAMATAN LIANG KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN

Article History

Submited : February 19, 2021
Published : February 4, 2021

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2019 Penelitian ini  dilaksanakan di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh produsen pedagang ikan asin di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan yang berjumlah 5 produsen, 3 orang pedagang pengumpul dan 5 orang konsumen akhir yang seluruhnya akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh  yaitu sebagai berikut: (1)Produk, produk ikan asin yang diolah menggunakan ikan segar, sehingga memiliki kualitas yang baik. (2)Harga, harga produk ikan asin masih terbilang murah karena masih bisa dijangkau oleh semua kalangan. (3)Tempat, tempat yang digunakan untuk proses penjualan produk ikan asin yaitu dirumah produsen dan pedagang itu sendiri. (4)Promosi, promosi yang dilakukan oleh produsen ikan asin yaitu dengan memberikan potongan harga 5%. (5)People, pelayanan yang dilakukan oleh produsen ikan asin sangat baik, karena produsen menyambut konsumen dengan senyuman, ramah dan berbicara sopan dan santun. (6) Proses, Proses pemasaran produk ikan asin yang berada didesa okumel dari produsen sampai dengan konsumen akhir secara konvensional belum memperhatikan merek, dan kemasan.

 

Afrianto dan Liviawaty. 2014. Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Anonimous, 2009. Standar Nasional Indonesia (SNI) Ikan Asin Kering. Kumpulan Standar Metode Pengujian Mutu Hasil Perikanan. Jakarta.

Assauri S, 2014. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Tengah, 2016. Sulawesi tengah dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Sulteng, Palu.
Dahuri, R.2013. Keanekaragaman Hayati Laut. Asset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Penerbit PT. Gramedia Pustaka utama. Jakarta.

Desi, Y. 2015. Laju Perubahan Kadar Air, Kadar Protein dan Uji Organoleptik Ikan Lele Asin Menggunakan Alat Pengering Kabinet dengan Suhu Terkontrol. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 1 (2015) : 12-21.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banggai Kepulauan. 2014. Potenshi perikanan Kabupaten Banggai Kepulauan (DPKKP) Sulawesi Tengah.

Dinas Pertanian dan Kelautan Kota. 2014. Potensi Perikanan Kota. (DPKKP) Sulawesi tengah. Palu.

Heruwati, 2009 Sektor Perikanan dan Kelautan. Sultengprov.go.id.

Ika. J.2014. Analisis Usaha Pengolahan Tradisional Ikan Kering Di Desa Jangkar Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmu Perikanan. ISSN : 2086-3861.

Reswita, 2014. Kelayakan Usaha Pengolahan Ikan Asin Di Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Distrik in Bengkulu. Jurnal Agroindustri. ISSN 2088-5369.

Saragih, 2010.Konsep Agroindustri. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Soekartawi, 2006. 2006. Ilmu Usahatani. Universitas PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Putri Rambe, A., Alam, M., & Damayanti, L. (2021). BAURAN PEMASARAN IKAN ASIN DI DESA OKUMEL KECAMATAN LIANG KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN. AGROTEKBIS : E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 9(1), 48 - 58. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/747
Fulltext