EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L Moench) DI DESA MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : March 5, 2021
Published : February 4, 2021

Tujuan dari penelitian evaluasi lahan yaitu untuk menentukan kelas  kesesuaian  lahan untuk budidaya tanaman Sorgum (Sorghum bicolor L Moench ) di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan adalah deskriptif eksploratif yang pelaksanaannya dilakukan dengan survei secara langsung pada lokasi penelitian  dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel tanah sebagai bahan untuk analisis di laboratorium, setelah selesai analisis di laboratorium mencocokkan (matching) antara kualitas lahan dan persyaratan tumbuh tanaman menggunakan kriteria kesesuaian lahan, dan metode pendekatan faktor pembatas. Pembuatan Peta Satuan Pengamatan Lahan dan Survei, Pengambilan Sampel Tanah, Parameter Pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas kesesuaian lahan untuk tanaman Sorgum (Sorghum bicolor L Moench) di daerah penelitian hanya terdapat 1 kelas yaitu S2 (cukup sesuai), dengan faktor pembatas di SPL 1 yaitu S2-trp dan di SPL 2 yaitu S2-tr.

Agustina K, Sopandi D, Trikoesoemaningtyas, Wirnas D. 2010. Tanggap fisiologi akar sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) terhadap cekaman aluminium dan defisiensi fosfor di dalam rhizotron. J. Agron. Indonesia 38 (2) : 88 – 94.

BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Mutiara Palu, 2019. Data Rata-Rata Curah Hujan dan Suhu Udara Bulanan Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri Palu.

Hardjowigeno, S. dan Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hasibuan, B.E. 2006. Pupukdan Pemupukan. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Lastianingsih, T. 2008. Uji Efektivitas Fosfat Alam terhadap Pertumbuhan Produksi dan Serapan P Tanaman Jagung (Zea mays L.) pada Oxic Dystrudebt Darmaga. J . Tanah Dan Lingkungan.

Musnamar, E, I. 2005. Pupuk Organik, Penebar Swadaya, Jakarta.

Rayes. 2006. Metode Inventarisasi Sumber Daya Lahan. Andi Offset. Yogyakarta.

Soepardi G., 1979. Sifat-Sifat dan Ciri Tanah 1. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Subagio H dan Suryawati. 2013. Wilayah Penghasil dan Ragam Penggunaan Sorgum di Indonesia. Di dalam:Sumarno, Damardjati D S, Syam M dan Hermanto, editor. Sorgum Inovasi Teknologi dan Pengembangan. Jakarta (ID):IAAD Press. hlm 24-37.

Suripin., 2002. Pelestarian sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta.
Heri, H., & Pagiu, S. (2021). EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L Moench) DI DESA MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 9(1), 111 - 117. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/757
Fulltext