ANALISIS RANTAI PASOKAN BERAS PADA PENGGILINGAN PADI LOKAKARYA DI DESA DOLAGO PADANG KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : March 8, 2021
Published : August 28, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui aliran rantai pasokan beras di Desa Dolago Padang dan manfaatnya.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitik. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive sampling dan Snowball  Sampling. Penelitian ini akan menggunakan salah satu penggilingan padi sebagai objek penelitian, yang akan diteliti tentang rantai pasok dari tempat tersebut. Responden yang diambil dalam penelitian ini yang secara aktif melakukan kegiatan rantai pasok, dalam hal ini supplier 2 yaitu penyedia bahan baku gabah, distributor 1 yaitu penggilingan padi, retail 2 yaitu pedagang pengecer, customers 2 yaitu konsumen, sehingga diharapkan bisa diperoleh hasil yang cukup akurat dan representatif sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini., dimana tiap mata rantai tersebut mempunyai peran masing-masing. Penggilingan beras Lokakarya telah melakukan sistem kegiatan rantai pasok beras. Terdapat tiga aliran dalam rantai pasok, Aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi beras. Aliran produk rantai pasok beras terbentuk dari petani padi sawah, selanjutnya mengalir ke penggilingan beras, dari penggilingan beras terbagi menjadi 2 ke pedagang besar dan ke konsumen rumah tangga langsung, selanjutnya dari pedagang besar di jual ke pedagang pengecer, aliran keuangan, setiap mata rantai membayar tunai dan aliran komunikasi vertikal pada rantai pasok padi pasca panen di desa Dolago terjadi pada antar petani, penggilingan beras, antar Penggilinagn beras dan Pedagang besar, konsumen, antar pedagang besar dan pedagang Pengecer, antar Pedagang pengecer dan konsumen.

LPEM FEUI (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia). 2001. Bunga Rampai Ekonomi Beras. Jakarta:LPEM FEUI.

Purnamaningsih, R. 2006. Induksi Kalus dan Optimasi Regenerasi Empat Varietas Padi Melalui Kultur In Vitro. J. Agrobiogen. 2(2):74-80.

Pujawan, N., 2005, Supply Chain Management, Penerbit Guna Widya, Surabaya.

Said, E. Gumbira dan Dewi, G. Chandra. 2004. Rantai Pasokan Pangan dan Identifikasi SWOT Bagi Pengembangan Sentra Agribisnis Perberasan di Indonesia. Jurnal Pangan Vol (8):44-45.

Siagian, Sondang P. 2003. Teori & Praktek Kepemimpinan, Rineka Cipta, Jakarta.

Soekartawi. 2005. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Perkembangan Petani Kecil. UI-Press. Jakarta.

Soekartawi, 2002, Analisis Usaha Tani, UI – Press, Jakarta.

Subroto, Anggun. 2014. Evaluasi Kinerja Supply Chain Manajemen Pada Produksi Beras Di Desa Panasen Kecamatan Kakas. Jurnal Emba. ISSN 2303-1174,Vol.2No.3 September. http://ejournal.unsrat.ac.id/ index.php/emba/article/view/5918/545. Diakses tanggal 19 maret 2017. Hal.1584-1591.

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suryana, R.N., D. Rachmina, Sumedi dan T. Novianti. 2009. Analisis Efisiensi dan Daya Saing Padi Pandan Wangi Indonesia. Jurnal Pertanian.

Yusri, Mohd. 2005, Analisis Fungsi Produksi Usaha Tani Padi Sawah dan Pengaruhnya Terhadap PDRB Untk Pengembangan Wilayah di Kabupaten Deli Serdang. SPS-USU, Medan

Haryadi., 2006. Teknologi Pengolahan Beras. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Wisner, J.D., Tan, K.C., Leong, G.K. (2012). Principles of Supply Chain Management A Balanced Approach. (3rdedition). Ohio: South-Western Cengage Learning.
Primasatya, A., Kalaba, Y., & Sulaeman, S. (2020). ANALISIS RANTAI PASOKAN BERAS PADA PENGGILINGAN PADI LOKAKARYA DI DESA DOLAGO PADANG KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(4), 757 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/758
Fulltext