ANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESA NGGAWIA KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Article History

Submited : March 8, 2021
Published : February 4, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran kakao di Desa Nggawia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019. Pengambilan sampel produsen kakao dilakukanmenggunakan metode acak sederhana sebanyak 38 petani dan pengambilan sampel pedagang dilakukan menggunakan metode penjajakan diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar dan 1 konsumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan saluran pemasaran kakao di Desa Nggawia melalui dua saluran pemasaran. Margin pemasaran pada saluran 1 yaitu Rp.5.000/Kg sedangkan pada saluran II yaitu Rp.1.500/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran 1 yaitu 83,33%, sedangkan pada saluran kedua yaitu 95,00 %. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 2,9 %, sedangkan untuk saluran II yaitu 2,4%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran II dengan nilai efisiensi sebesar 2,4%.

Aroning, dan Kadir 2008. Analisis Saluran dan Hasil margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng, kecamatan pattalasang, Kabupaten Gowa. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2014.

BPS Indonesia, 2012. Tenaga Kerja. http : // www. Badanpusatstatistik. Di akses pada Senin 20 Desember 2018. Palu.

BPS Sulawesi Tengah, 2017. Data Statistik 2016 komoditas perkebunan Provinsi Sulawesi Tengah, Menurut Kabupaten dan Kecamatan.

Danil, Firdaus, dan Hartoyo, 2014. Analisis Produksi dan Pemasaran Kakao di Kabupaten Pariman Provinsi Sumatera Barat.Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 11 No. 1, Maret 2014.

Kohls, R.L. and J.N. Uhl., 2002. Marketing Agriculture Product Ninth edition. Mac Millan Publishing Company, New York.

Sobirin, 2009. Efisiensi Pemasaran Pepaya di Kecamatan Sumbang Kabupaten Bayumas, http://www.deptan.go.id Diakses pada tanggal 06 oktober 2014.

Soekartawi., 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B dan Ibnu Sokotjo, 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. CV. Pionir Group. Bandung.

Yantu, MR., 2008. Masalah Perdagangan Internasional Komoditi Kakao Indonesia: Suatu Tinjauan Kritis. Jurnal Agrokultur, 2(3): 89 – 98
Fajar, A., Hadayani, H., & Sulaeman, S. (2021). ANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESA NGGAWIA KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(1), 118 - 127. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/759
Fulltext