FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI PADI ORGANIK DI DESA TORO KECAMATAN KULAWI SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : March 9, 2021
Published : December 31, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor penggunaan luas lahan, benih, pupuk organik, pestisida organik dan tenaga kerja terhadap produksi padi organik di Desa Toro Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Juni 2018 di Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi Desa Toro. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus  yaitu  mengambil semua petani yang berusaha tani padi organik di Desa Toro. Jumlah petani organik di Desa Toro yang berusahatani Padi organik sebanyak 50 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan dari hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu secara simultan (Uji F) variabel luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi padi organik di Desa Toro. Sedangkan secara parsial (Uji t) variabel luas lahan, benih, pupuk dan pestisida  berpengaruh nyata terhadap produksi padi organik di Desa Toro, sedangkan variabel tenaga kerja berpengaruh tidak nyata terhadap produksi padi organik di Desa Toro.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Umur Produktif Responden. Sulawesi Tengah.

Diviansyah, Viko Alif. 2017. Efisiensi Biaya dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Padi Organik di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Fakultas Pertanian Universitas Jember. (SKRIPSI)

Effendy. 2010. Efisiensi Faktor Produksi dan Pendapatan Padi Sawah di Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Jurnal Agroland Vol 17 No 3 Hal 238-239.

Hariono, S. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah Organik dan Non Organik di Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Fakultas Pertanian Universitas Jambi. (SKRIPSI)

Mayrowani, Henny. 2012. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Vol 30. No 2. Hal 91-108.

Muzdalifah. 2011. Analisis Produksi dan Efisiensi Usahatani Padi di Kabupaten Banjar. Agribisnis Pedesaan Vol 1 No 4 Hal 256-266.

Novianto, 2009, Ekonomi Pembangunan Jurnal Vol. 10, No.2, Desember 2009, hlm. 267 – 288

Prabandari A.C, Made Sudarma, Putu Udayani Wijayanti. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah pada Daerah Tengah dan Hilir Aliran Sungai Ayung (Studi Kasus Subak Mambal, Kabupaten Badung dan Subak Pagutan, Kota Denpasar). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN: 2301-6523 Vol. 2, No. 3 Hal 1-7.

Pradiana W, Djaka Sulistya dan Atik Setiawati. 2007. Pengembangan Agribisnis Padi Sawah melalui Pemberdayaan Kelompok Tani. Jurnal Penyuluhan Pertanian. Vol 2 No 2. 2007: 25-32.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi dengan Analisis Funsi Cobb-Doughlass. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suprapto, E. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Usahatani Padi Organik di Kabupaten Sragen (Tesis). Surakarta.

Uzzam, Fatihah Ulfah.2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi di Kabupaten Solok. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.
Andita, R., Lamusa, A., & Kalaba, Y. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI PADI ORGANIK DI DESA TORO KECAMATAN KULAWI SELATAN KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(4), 788 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/764
Fulltext