FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI USAHATANI CABAI RAWIT DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : March 30, 2021
Published : August 28, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar faktor luas lahan, benih, pupuk urea, pupuk ZA, pupuk Phonska dan tenaga kerja memengaruhi produksi cabai rawit di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.Pemilihan daerah penelitian ini diambil dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan sentra produksi cabai rawit di Kecamatan Sigi Biromaru.Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret - Mei 2018.Analisis yang digunakan adalah Fungsi Produksi Cobb-Douglass. menujukkan bahwa Fhitung (10,677) > Ftabel (2,45) berarti secara bersama-sama variabel luas lahan (X1), benih (X2), pupuk urea (X3), pupuk ZA (X4), pupuk phonska (X5) dan tenaga kerja (X6) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap produksi cabai rawit di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Secara Parsial variabel luas lahan (X1), benih (X2), pupuk urea (X3), pupuk ZA (X4),  berpengaruh nyata terhadap produksi cabai rawit di Desa Oloboju, sedangkan pupuk phonska (X5) dan tenaga kerja (X6) tidak berpengaruh nyata terhadap produksi cabai rawit di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.

Apriantono, A. 2007.Konsep Pembangunan Pertanian.(Online).http://www.deptan.go.id/renbangtan/Konsep_Pembangunan_Pertanian.pdf). Diakses 21 Desember 2017

Husodo.S.Y, 2004.Pertanian Mandiri. Penebar Swadaya. Jakarta.

Pranata, Wisnu dan Damayanti, Lien. 2016. Faktor-faktor yang Memengaruhi Produksi Usahatani Cabai Merah Kriting di Desa Bulupontu Jaya Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Agroland 23 (1) : 11-19, April 2016.

Saleh, S. 1989. Statistik Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Saptana.2010. Analisis Tekniks Produksi Usahatani Cabai merah Besar dan Perilaku Petani dalam Menghadapi Resiko. Jurnal Agro Ekonomi, Volume 28 No 2, Hal 185-197.

Sarina, Eddy Silamat, dan Defi Puspitasari. 2015. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Cabai Merah di Desa Kampung Melayu Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Agroqua, Vol. 13 No.2, Desember 2015.

Triwidiyaningsih, M. 2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Usahatani Cabai Merah di Kabupaten Bantul. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Ningtyas, N. A., & Alam, M. N. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI USAHATANI CABAI RAWIT DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(4). Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/792
Fulltext