ANALISIS PEMASARAN BIJI KAKAO DI DESA LETAWA KECAMATAN SARJO KABUPATEN MAMUJU UTARA

Article History

Submited : March 30, 2021
Published : August 28, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kakao, margin, bagian harga yang diterima oleh petani, dan efisiensi pemasaran kakao. Permasalahan  pemasaran yang ada di desa letawa ada dua yaitu perbedaan harga dan juga  saluran pemasarannya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif (deskriptif) digunakan untuk mengetahui keragaman pasar berdasarkan saluran pemasaran yang ditunjang oleh informasi data dan hasil pengamatan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada dua bentuk saluran pemasaran kakao yang terdapat di Desa Letawa yaitu: 1) petani menjual kakao kepada pedagang pengumpul, dari pedagang pengumpul kakao diteruskan ke pedagang besar, 2) petani menjual produknya ke pedagang pengumpul kemudian pedagang pengumpul menjual kakaonya langsung ke konsumen akhir yang ada di kota Palu. Margin pemasaran kakao untuk saluran pertama Rp 15.000 dan margin pemasaran kakao untuk saluran ke dua sebesar Rp 4.000. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama pemasaran kakao sebesar 62,50% sedangkan bagian harga yang diterima disaluran kedua sebesar 87,10%, sehingga petani dianjurkan menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 2,28% untuk saluran kedua sebesar 1,07%. Sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

BPS, 2018. Sulawesi barat dalam angka tahun 2013-2017, Badan Pusat Statistik Sulawesi Barat, Indonesia.

Dewi Nur Asih, 2009. Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahatani Bawang Merah di Sulawesi Tengah. J. Agroland 16 (1) : 53-59, Maret 2009.

Dinie Suryani & Zulfebriansyah 2007. Komoditas Kakao, Potret dan Peluang Pembiayaan. Economic Review no 210.

Leni saleh, 2009. Analisis Margin Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kakao Di Kabupaten Konawe. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 11 No. 1, Maret 2009. Universitas Lakidende. Hal:1-11.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori Dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang.

Swastha, B. 2002. Manajemen Pemasaran. Modern. Liberty, Yogyakarta.

Yesi Nurjannah.A. Cepriadi. Ermi Tety. 2015. Analisis Pemasaran Biji Kakao Di Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Manajemen & Agribisnis. Vol. 2 No. 2 Oktober 2015. Fakultas Pertanian, Universitas Riau. Hal: 1-14.
Yrama, Widya. 2010. Pedoman Bertanam Cokelat “Tim Bina Karya’’. Bandung
Hajrah, H., Lamusa, A., & Damayanti, L. (2020). ANALISIS PEMASARAN BIJI KAKAO DI DESA LETAWA KECAMATAN SARJO KABUPATEN MAMUJU UTARA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(4), 849 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/797
Fulltext