ANALISIS PEMASARAN IKAN CAKALANG PADA USAHA KELOMPOK NELAYAN DI DESA PARANGGI KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : June 30, 2021
Published : October 27, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima nelayan serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Metode yang digunakan yaitu metode acak sedarhana dengan 33 responden nelayan. Sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul, 4 pedagang pengecer dan 2 konsumen, sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 41 responden. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran ikan cakalang di Desa Paranggi melalui 2 saluran pemasaran. Margin saluran I yaitu Rp.13.000/kg, saluran II yaitu        Rp. 10.000/kg. Bagian harga yang diperoleh nelayan  pada saluran I yaitu 48%, saluran II yaitu 60%. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 6,70%, saluran II yaitu 1,36%.

Anindita,. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya.

Badan Pusat Statistik, 2010. Sulawesi Tengah Dalam Angka 2010. BPS-Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, Palu

Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan RI, 2004. Daya Dukung Kelautan dan Perikanan Selat Sunda, Teluk Tomini, Teluk Saleh, Teluk Ekas. Jurnal Novalina Serdiati “Pendapatan Nelayan Yang Menggunakan Perahu Motor Dan Perahu Tanpa Motor Di Desa Paranggi KecamatanAmpibabo Kabupaten Parigi Moutong”.Jurnal Media Litbang 2 : 153-157, Desember 2009. Hal 153 – 157

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah 2017.

Efendi, dan Oktariza, W., 2006. Manajemen Agribisnis Perikanan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Elpawati, Teguh Budiyanto, zulmanery. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Bandeng Desa Tambak Sari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Jurnal Agribisnis, Vol. 8, No. 1, Juni 2014. Hal 83 – 110

Jumiati. 2012. Analisis Pemasaran dan Tingkat Pendapatan Nelayan Pada Agribisnis Pengasapan Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis). Studi Kasus di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Vol. 1. No. 1, Juni 2012. Hal 1-15.

Kordi dan Ghufron.,2005. Budidaya Ikan Laut dikeramba Jaring Apung. PT RINEKA CIPTA, Jakarta

Pieris, 2001. Pembangunan Ekonomi dalam Sektor Perikanan. Bandung

Siregar., 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana, Jakarta

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Swastha., 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Liberty. Jakarta

Yoisye, 2013. Pemasaran Ikan Cakalang (KATSUWONUS PELAMIS) Di Pasar Binaya Kota Masohi. Jurnal “Amanisal” PSP FPIK Unpatti Ambon. Vol. 2. No. 2, November 2013. Hal 46-54.
Afriandi, R., & Hadayani, H. (2020). ANALISIS PEMASARAN IKAN CAKALANG PADA USAHA KELOMPOK NELAYAN DI DESA PARANGGI KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(5), 1030 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/834
Fulltext