ANALISIS PEMASARAN KELAPA DALAM DI DESA LEMO KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Article History

Submited : June 30, 2021
Published : April 30, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2018. Metode yang digunakan yaitu metode acak sedarhana dengan 30 petani kelapa dalam. Sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar dan 3 pedagang pengecer serta 3 konsumen, sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 39 responden. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kelapa dalam di Desa Lemo melalui 3 saluran pemasaran. Margin saluran 1 yaitu Rp.1.300/kg, saluran II yaitu Rp. 2.300/kg, sedangkan saluran III yaitu Rp.1.300/kg. Bagian harga yang diperoleh petani pada saluran I yaitu 26,00%, saluran II yaitu 46,00%, dan pada saluran III yaitu 26,00%. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 10,68%, saluran II yaitu 14,22%, dan saluran III yaitu 7,90%.

Badan Pusat Statistik, 2017. Sulawesi Tengah Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah Palu.

Daniel, M., 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Eldiyus Rahmadani, Tumpal H.S.Siregar dan Syaifudin Lubis, 2013. Analisis Pemasaran Kelapa di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara) Vol.6 No.2/Oktober 2013 p-ISSN : 1979-8164.

Fajrin, M. dan Abdul Muis, 2016. Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Kelapa Dalam Di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. e-J. Agrotekbis Volume 4 Nomor 2 : Halaman 210-216, April 2016 ISSN : 2338-3011.

Jumiati, Elly, Dwi.D.H, dan Slamet H. 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Kelapa Dalam di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal AGRIFOR Volume XII Nomor 1 : Halaman 1-10.

Masyrofi. 1994. Pemasaran Pertanian Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya, Malang

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Manajemen Hasil-hasil Pertanian. PT. Raja grafindo persada, jakarta.

_________, 2002. Ilmu Usahatani. Universitas PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

_________, 2002. Prinsip Dasar ekonomi Pertanian teori dan Aplikasinya. PT Raja grafindo persada, jakarta.

_________, 2006. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia, Jakarta.

Swastha, B., Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Penerbit
Liberty. Jakarta.
Ucen, U., Hadayani, H., & Sulaeman, S. (2021). ANALISIS PEMASARAN KELAPA DALAM DI DESA LEMO KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(5), 1056 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/838
Fulltext