ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA POLEWALI KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN MAMUJU UTARA

Article History

Submited : June 30, 2021
Published : June 30, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kopra, margin, bagian harga yang diterima oleh petani, dan efisiensi pemasaran kopra. Permasalahan  pemasaran yang ada di Desa Polewali ada dua yaitu perbedaan harga dan juga  saluran pemasarannya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif (deskriptif) digunakan untuk mengetahui keragaman pasar berdasarkan saluran pemasaran yang ditunjang oleh informasi data dan hasil pengamatan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada dua bentuk saluran pemasaran kopra yang terdapat di Desa Polewali yaitu: 1) petani menjual kopra kepada pedagang pengumpul, dari pedagang pengumpul kopra diteruskan ke pedagang besar,kemudian pedagang besar menjual ke cargil yang ada di Kabupaten Tolitoli, 2) petani menjual langsung ke pedagang besar kemudian pedagang besar menjual kopranya  langsung ke cargil yang ada di Kabupaten Tolitoli. Margin pemasaran kopra untuk saluran pertama Rp 3.000 dan margin pemasaran kopra untuk saluran ke dua sebesar Rp 2.000. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama pemasaran kopra sebesar 50%, sedangkan bagian harga yang diterima disaluran kedua sebesar 66,6%, sehingga petani dianjurkan menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 5,08% untuk saluran kedua sebesar 3,31%. Sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Arman, D. 2010. Kajian Marjin Pemasaran Kopra di Kecamatan Oba di Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan ( Agrikan UMMU-Ternate) Vol 3 (1) Mei 2010.

BPS Sulawesi Barat, 2018. Data Statistik 2016 Komoditi Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat, Menurut Kabupaten dan Kecamatan.

Ekasari 2007. Analisi Margin Pemasaran Telur Itik di Kelurahan Borongloe Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 26 November 2012.

Hartianingtias, C. D., Sutrisno, J., Setyowati. 2015. Analisis Efesiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Grabogan. Jurnal AGRISTA : Vol. 3 No. 2 Hal: 63-73. Surakarta.

Palungkun, R. 1999. Aneka Produk Olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan Aplikasinya. Erlangga.

Sudiyono. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiya Malang, Press Malang.

Soekertawi. 2002. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press, Jakarta.
Masita, M., Tangkesalu, D., & Christoporus, C. (2021). ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI DESA POLEWALI KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN MAMUJU UTARA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(3), 638 - 644. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/863
Fulltext