ANALISIS RANTAI PASOK BERAS DI DESA BUYUMPONDOLI KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO

Article History

Submited : July 5, 2021
Published : December 28, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  aliran  rantai  pasok beras di Desa  Buyumpodoli Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso.Penelitian  ini  dilaksanakan pada  bulan September sampai dengan Oktober 2019. Penentuan  responden untuk petani dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu sebanyak 15 orang terdiri dari 6 petani padi, 1 pemilik gilingan, 2 pedagang pengumpul, 2 pedagang besar, 2 pedagang pengecer, serta 2 konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data skunder. Analisis yang digunakan dalam  penelitian ini adalah analisis deskriptif dan system rantai pasok. Hasil analisis rantai pasok menunjukkan bahwa ada tiga aliran yang harus dikelola oleh rantai pasok beras di Desa Buyumpondoli yaitu  aliran produk aliran finansial/keuangan dan aliran informasi. Rantai pasok, bahan baku berasal dari Supplier atau pemasok yaitu petani di Desa Buyumpondoli, dialirkan ke Manufacturer atau penggilingan padi untuk diolah menjadi beras dan dialirkan kepada Retailer atau pedagang pengumpul. Retailer menyalurkan kepada Retailer Outlets atau pedagang besar yang berada di pasar Siwagilemba di Tentena. Retailel Outlets menyalurkan kepada Retailer atau pedagang pengecer dipasar yang berada di Kecamatan Pamona. Retailer menyalurkan kepada Customer atau konsumen akhir di pasar Siwagilemba yang berada di Tentena. 

BPS, 2018. Kecamatan pamona Puselemba dalam angka Tahun 2017. Badan Pusat Statistik. Kecamatan pamona Puselemba.

Halida, Jante L. Sepang dan Paulina Van Rate. 2019. Analisis Saluran Distribusi Makmur Rantai Pasokan Beras Di Bolaang Mongondow (Studi Kasus Di Desa Mopugad Utara Kecamatan Dumoga Utara. Jurnal EMBA Vol. 7 No. 1 Januari 2019, Hal. 1031 –1040. ISSN 2303-1174.

Mangunwijaya, Djumali dan Illah Sailah. 2005. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Nurhidaya, Hadayani , Arifuddin Lamusa. 2017. Analisis Pemasaran Beras Di Desa Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. e-J. Agrotekbis 5 (6) : 696-704, Desember 2017 ISSN : 2338-3011.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press, Jakarta
Motjai, M. L., Sulaiman, S., & Alamsyar, A. (2020). ANALISIS RANTAI PASOK BERAS DI DESA BUYUMPONDOLI KECAMATAN PAMONA PUSELEMBA KABUPATEN POSO. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(6), 1291 -. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/889
Fulltext