KUANTITAS DAN KUALITAS VIRGIN COCONUT OIL DARI BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica Papaya L)

Article History

Submited : July 5, 2021
Published : December 28, 2020

Virgin Coconut Oil  adalah minyak kelapa yang terbuat dari daging kelapa. Mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh sehingga mencegah penimbunan di dalam tubuh. Kandungan asam lemak rantai sedang tersebut mempunyai kemampuan menjadi sumber energi di sel-sel tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk Mendapatkan konsentrasi ekstrak daun pepaya yang memberikan pengaruh tertinggi terhadap kuantitas (rendemen VCO). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Agroindustri, Fakultas Pertanian, Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah. Desain penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang dicobakan adalah ekstrak daun  pepaya yang terdiri dari 5 level konsentrasi (5, 10, 15,25, 35dan 45 %dan 1 level enzim papain sebagai control (0,15 persen).  Rancangan Acak Lengkap digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap parameter rendemen, derajat kejernihan, kadar air dan kadar  asam  lemak bebas VCO. Adapun RAK digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap sifat sensoris VCO (aroma, warna, rasa dan kesukaan). Sehingga secara keseluruhan terdapat 21 unit percobaan. Perlakuan yang memberikan hasil yang nyata di uji lanjut menggunakan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf 0,05 atau 0,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan enzim papain 0,15%, ekstrak daun pepaya dengan konsentrasi  25%, 35% dan 45% memberikan pengaruh yang relatif sama terhadap rendemen VCO.

A’la,. 2016. . Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Enzim Papain Kasar dari Daun Pepaya (carica papaya L.) Dan Lama Pemeraman Tehadap Rendemen dan Kualitas Miyak Kelapa

Apriyantono, A., D. Ferdiaz., N.L. Puspitasari., Sedarnawatidan S. Budiyanto, 1989. Analisis Pangan. PAU Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor.

Baga, M. K. 2008. Bertanam Pepaya Edisi XXV. Penebar Swadaya. Jakarta BSN. 2008. Standar Nasional Indonesia (SNI) Minyak Kelapa Virgin (VCO). Jakarta Balai Pengkajian Teknologi.

Bambang., S., dan Surip., P. 2006. Membuat VCO Berkualitas Tinggi. Jakarta : Penebar Swadaya

Barlina, R., S. Karouw dan R. Hutapea, 2006. Minyak Kelapa Murni(Virgin Coconut Oil). Pengolahan, Pemanfaatan, dan Peluang Pengembangannya. Dalam Badan penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Balai Penelitian Tanaman Kelapa Dalam dan Palma Lain, Manado.

Cambell, N 2002 Biologi jilid 1 Jakarta : Erlangga

Edahwati, L., .2011. Aplikasi Penggunaan Enzym Papain Dan Bromelin Terhadap Perolehan VCO. Penerbit UPN Press.

Iskandar, A., Ersan dan R. Edison, 2015. Pengaruh Dosis Enzim Papain terhadap Rendemen dan Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO). Jurnal AIP 3 (2) : 82-93

Kalie, B.M. 2003. Batanaman Pepaya. Penabar Swadaya, Jakarta

Meilina H, Asmawati, Moulana R. 2010. Kajian penambahan ragi roti dan perbandingan volume starter dengan substrat terhadap rendemen dan mutu virgin coconut oil (VCO). Jurnal Reaksi (Journal of Science and Technology) 8: 25-33.

Miriyanti, dan A.S. Rasti. 2010. Pengaruh Variasi Metode Pemancingan (Stimulant) dan Penambahan Getah Pepaya Terhadap Virgin Coconut Oil” Yang Dihasilkan. Agri Techno Unhas. Makassar

Novarianto, H. 2007. Kandungan Asam Laurat pada Berbagai Varietas Kelapa Sebagai Bahan Baku VCO. J. Litri. Vol. 13(1) : 28 - 33.

Rindengan dan Novarianto. 2004. Pembuatan dan Pemanfaatan Minyak Kelapa Murni,,. Jakarta: Penebar Swadaya.
Setiajai dan Pyoyugo. 2006. Membuat VCO Berkualitas Tinggi. Jakarta :Penrbar Swadaya

Soekardi, Y. 2012. Pemanfaatan dan Pengolahan Kelapa Menjadi Berbagai Bahan Makanan dan Obat Berbagai penyakit. Yrama Widya. Bandung.

Sutarmi, R. 2006. Taklukkan Penyakit dengan VCO (Virgin Coconut Oil). Penebar Suwadaya ; Jakarta.

Wibowo, S. 2006. Manfaat VCO untuk Kesehatan. Konferensi Nasional Kelapa VI. Gorontalo.
Rifaldi, R., Alam, N., & Hutumof, G. S. (2020). KUANTITAS DAN KUALITAS VIRGIN COCONUT OIL DARI BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica Papaya L). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(6), 1303 - 1314. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/890
Fulltext