ANALISIS NET PROFIT MARGIN USAHA ABON IKAN PADA IKM SAL-HAN DI KOTA PALU

Article History

Submited : July 5, 2021
Published : December 28, 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai net profit margin usaha abon ikan pada IKM Sal-Han di Kota Palu dengan harapan IKM Sal-Han dapat mengetahui kemampuannya memperoleh laba bersih dari hasil penjualannya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2020. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dan penentuan responden juga dilakukan secara sengaja (purposive). Pengumpulan data pada penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis penerimaan, analisis biaya, analisis pendapatan, dan analisis net profit margin. Hasil penelitian menunjukkan total penerimaan usaha abon ikan pada tahun 2018 sebesar Rp. 75.326.000 dengan total biaya Rp. 54.887.113 serta pendapatan yang diperoleh Rp. 20.438.888, sedangkan pada tahun 2019 penerimaan sebesar Rp. 95.110.000 dengan total biaya Rp. 68.801.626 serta pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 26.308.374. untuk nilai net profit margin selama 2 tahun mengalami peningkatan dengan total EAT di tahun 2018 sebesar Rp. 20.234.499, pada tahun 2019 total EAT sebesar Rp. 26.176.832. Pertumbuhan Net Profit Margin pada tahun 2018 dan 2019 mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh naik turunnya pendapatan abon ikan dengan presentase Net Profit Margin berkisar antara 21,5%-32,9%. Ini berarti bahwa setiap Rp. 100 penerimaan akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 21,5 sampai Rp. 32,9 artinya dapat dikatakan bahwa IKM Sal-Han memperoleh laba bersih dari usaha abon ikan secara keseluruhan baik.

Adawyah, R. 2008. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Antara, M. 2012. Agribisnis dan Penerapannya dalam Penelitian. Edukasi Mitra Grafika. Palu.

Dahuri, R. 2004. Pendayagunaan Sumberdaya Kelautan. LISPI. Jakarta.

Harahap, Sofyan Syahfri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Legrisca, M., M.R Yantu, A. Laapo. 2013. Pengembangan Strategi Pemasaran Abon Ikan UKM Sri Rejeki: Pendekatan Marketing Mix. e-J. Agrotekbis 1 (3) : 250-258. Suryani, A, Erliza Hambali, Encep Hidayat. 2007. Membuat Aneka Abon. Penebar Swadaya. Jakarta.

Syafar, M, Nur, Arifuddin Lamusa. 2015. Analisis Pendapatan Usaha Abon Ikan Tenggiri PadaIndustri Rumah Tangga “Althaf Food” di Kota Palu. Agrotekbis 3 (2) : 255 – 260.

Usman, Syafruddin, St Aisyah R. 2016. Analisis Pendapatan Usaha Abon Ikan Tuna Studi Kasus Pada Usaha Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahrah di Kelurahan Pattingalloang Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Agribisnis Makassar 5 (2) : 499-507
Ananda, S. I., Lamusa, A., & Nurdim, M. F. (2020). ANALISIS NET PROFIT MARGIN USAHA ABON IKAN PADA IKM SAL-HAN DI KOTA PALU. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(6), 1315 - 1322. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/891
Fulltext