FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT DI DESA POLANTO JAYA KECAMATAN RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA

Article History

Submited : July 5, 2021
Published : December 28, 2020

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi produksi kelapa sawit di Desa Polanto Jaya Kecamatan Rio Pakava  Kabupaten Donggala Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, dimana jumlah responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fungsi produksi Cobb-Douglass.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel berpengaruh nyata terhadap produksi kelapa sawit pada taraf α =5% dan koefesien determinan (R Square) sebesar 0,848 %. Artinya, variabel produksi usahatani kelapa sawit sebesar 84% dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 16% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Secara parsial variabel luas lahan jumlah pohon produktif,pupuk (ZA) dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi kelapa sawit sedangkan variabel pupuk (Phonzka) tidak berpengaruh nyata terhadap produksi kelapa sawit pada taraf α =5% dan koefesien determinan (R Square) sebesar 0,848%.

Arsyad, Ilham., dan Maryam, Syarifah.(2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Kelapa Sawit pada Kelompok Tani Sawit Mandiri di Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur.Jurnal Ekonomi Pertanian & Pembangunan Vol.14 No.1. Fakultas Pertanian Univesitas Mulawarman, Samarinda. Hal 75-85.

Anang Firmansyah, 2006. Rekomendasi Pemupukan Umum Kelapa Sawit. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Kalimantan Tengah.
Daniel, M 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Lubis, Muhammad Firdaus,. Dan Lubis, Iskandar.(2018).Analisis Produksi Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Kebun Buatan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Bul. Agrohorti. Vol 6, Hal. 2. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor. Hal. 281–286

Lubis, A. U. 1992. Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Indonesia. PPP Marihat Bandar Kuala, Sumatra Utara.

Mangoensoekarjo dan Semangun .2008. Manajemen Agrobisnis Kelapa Sawit. Yogyakarta (ID) : UGM Press. 605 hal.

Mubyarto 1989, Pengantar Ekonomi Pertanian, Jakarta : Edisi Ke-tiga, LP3S.

Pardamean, Maruli.2008. Panduan Lengkap Pengelolaan dan Pabrik Kelapa Sawit ,Penerbit Agro Media, Jakarta
Ramadhannissa, Rachmalia. 2013. Analisis Kelayakan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Pt. Terang Inti Seraya Di Provinsi Riau. Fakultas Ekonomi dan Manjaemen IPB. Bogor.

Putranto, A. 2012.Kaya Dengan Bertani Kelapa Sawit. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Cet.1.

Pahan. 2006. Panduan Lengkap Kelapa Sawit Manajemen Agribisnis dari Hulu Hingga Hilir. Niaga Swadaya. Bogor. 404 hlm

Sugiyono, 2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&T. Alfabeta. Bandung.

Soekartawi, 2003.Teori ekonomi produksi dengan pokok bahasan analisis fungsi cobb-douglas .CV. Rajawali. Jakarta.

Sasongko, P.E. 2010. Studi Kesesuaian Lahan Potensial Untuk Tanaman Kelapa Sawit Di Kabupaten Blitar. Jurnal Pertanian MAPETA 7 (2): 72 – 134

Gatto, M., Wollni, M. and Qaim, M. 2015. Oil palm boom and land-use dynamics in Indonesia: The role of policies and socioeconomic factors. Land Use Policy 46: 292–303.
Kadir, A., Alam, M. N., & Arfah, S. Y. C. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT DI DESA POLANTO JAYA KECAMATAN RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 8(6), 1323 - 1332. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/892
Fulltext