Analisis Pemasaran Rumput Laut Di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah

Article History

Submited : June 22, 2020
Published : December 31, 2016

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran rumput laut, besarnya margin pada masing-masing saluran pemasaran, dan efisiensi pemasaran rumput laut pada masing-masing saluran pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan, di Desa Lalombi Kecamatan Banawa selatan Kabupaten Donggala. Responden yang dijadikan sampel adalah petani rumput laut dan pedagang pengumpul Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling method) Sebanyak 25 responden petani rumput laut diambil sebagai sampel dari total anggota populasi 50 petani rumput laut. Pengambilan sampel responden pedagang dilakukan dengan menggunakan metode penjajakan (Tracing Method), sehingga diperoleh 1 orang responden pedagang pengumpul. Jadi, jumlah keseluruhan responden sebanyak 26 orang. Hasil analisis menunjukkan margin pemasaran yang diperoleh untuk saluran I sebesar  Rp. 4.500, dan untuk saluran II tidak ditemukan margin pemasaran karena rumput laut langsung dijual oleh petani ke konsumen. Saluran pemasaran rumput laut di Desa Lalombi terdiri atas dua saluran, yaitu :

  1. Petani rumput laut→ Pedagang Pengumpul → Konsumen.
  2. Petani rumput laut→ Pedagang Pengumpul→ Konsumen.

Pada saluran I, bagian harga yang diterima nelayan sebesar 60%nilai efisiensinya adalah 40%. Pada saluran II, bagian harga yang diterima nelayan sebesar 100% nilai efisiensinya adalah 0%, sehingga saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran II.

Saprianti, S., Laapo, A., & Howara, D. (2016). Analisis Pemasaran Rumput Laut Di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 4(6), 754 - 757. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/91
Fulltext