ANALISIS PEMASARAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA BANTUGA KECAMATAN AMPANA TETE KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Article History

Submited : July 9, 2021
Published : April 30, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran jagung hibrida di Desa Bantuga Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bantuga KecamatanAmpana Tete Kabupaten Tojo Una-una. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan dengan metode sampelacak sederhana yang terdiri dari 32 responden petani Jagung Hibrida dan 3 responden pedagang dengan menggunakan metode penjajakan. Hasil penelitian menunjukan ada dua bentuk saluran pemasaran Jagung Hibrida yang terdapat di Desa Bantuga  yaitu : 1. Petani        Pedagang Pengumpul         Konsumen. 2. Petani                Pedagang Pengumpul          Pedagang Besar     Konsumen. Margin pemasaran Jagung Hibrida yang diperoleh untuk saluran pertama sebesar Rp 500, dan margin pemasaran Jagung Hibrida yang diperoleh untuk saluran kedua sebesar Rp 2.000. Bagian harga yang diperoleh petani pada saluran pertama diperoleh 86,84 %, dan untuk saluran kedua diperoleh  sebesar 61,53 %, sehingga nilai efisiensi pada saluran pertama adalah 14,47 %, sedangkan saluran kedua nilai efisiennya sebesar 29,23 %, dari dua saluran pemasaran jagung hibrida tersebut, saluran pertama lebih efisien dari pada saluran kedua.

Arinong, R., 2008. Analisis Saluran dan Hasil Margin Pemasaran Jagung di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalasang, Kabupaten Gowa. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 20 November 2018.

BPP. 2017. Lero. Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Ampana Tete.

BPS Provinsi Sulawesi Tengah, 2017. Provinsi Sulawesi Tengah Dalam Angka, Palu: Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah.

Christprus dan Sulaeman, 2009. Analisis Produksi dan Pemasaran Jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Taweli Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland 16 (2) : 141-147, Juni 2009.

Kantor Desa Bantuga, 2018. Profil Desa Bantuga 2018, Sumber informasi Sekertaris Desa Bantuga, 2019.

Kotler, 1996 “ManagemenPemasaran”. Penerbit Erlangga, Yogyakarta.

Moh. Yusuf, 2011. Analisis Pemasaran Jagung Di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tegah.

Musdalifah Umar, 2005. Analisis Pemasaran Jagung Di Desa Sumari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ramadhan, W., 2009. Analisis Margin Pemasaran Jagung di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. http://www.deptan.go.id. Diakses pada tanggal 20 November 2018.

Setyowati., 2014. Analisis Pemasaran Jagung di Kabupaten Wonogiri, Jurnal Sosek Panen dan Agrobisnis. Vol. 1 No. 1. September 2004. Jurusan Ekonomi Pertanian Surakarta. Diakses pada tanggal 22 November 2015.
Sobirin., 2009. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Totoran, D., Christoporus, C., & Sulaeman, S. (2021). ANALISIS PEMASARAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA BANTUGA KECAMATAN AMPANA TETE KABUPATEN TOJO UNA-UNA. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(2), 296 - 303. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/910
Fulltext