ANALISIS SIFAT FISIK TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DI DESA TINDAKI KECAMATAN PARIGI SELATAN

Article History

Submited : July 13, 2021
Published : April 30, 2021

Tujuan dari penelitian yaitu untuk menentukan identifikasi sifat fisik tanah di beberapa penggunaan lahan pada Desa Tindaki di Kecamatan Parigi Selatan.Sedangkan manfaat dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan mengenai sifat fisik tanah pada beberapa penggunaan lahan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019, bertempat di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan. Analisi ssifat fisik tanah dilakukan di Laboratorium Sumber Daya Lahan dan Lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah ala ttulis, ring sampel, kertas label, plastik, linggis, cangkul, bor tanah, Global Position System (GPS), kamera digital dan karet gelang. Bahan yang digunakan adalah sampel tanah utuh dan tidak utuh yang diambil dari masing-masing penggunaan lahan serta zat kimia yang merupakan bahan pendukung dari analisis tanah. Penelitian ini dilakukan dengan 4 (empat) tahap yaitu persiapan, kegiatan lapangan, analisis laboratorium, pengolahan data, pembuatan peta, serta penyusunan laporan. Parameter Amatan. Pada Pengamatan mempunyai parameter diantaranya sifat fisik yaitu Tekstur (debu,liat dan pasir), Porositas, Bobot isi, dan bahan organik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sifat fisik pada beberapa penggunaan lahan di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan. Karakteristik sifat fisik tanah pada penggunaan lahan SPL I-IV. Konduktifitas SPL I-IV yaitu berkreteria; lambat, agak cepat dan agak lambat (SPL III dan IV). Bobot isi SPL I-IV yaitu kretria sedang. Porositas SPL I-IV, yaitu kualitas sangat baik. Kadar air kapasitas lapang SPL I-IV, yaitu nilai pada SPL II yang sedang. Tekstur SPL I-IV, yaitu liat berpasir ,  lempung berpasir, dan lempung liat berpasir ( SPL III dan SPL IV). C-organik SPL I-IV, yaitu kreteria sedang. Perbedaan penggunaan lahan, dapat menjadi perbedaan sifat fisik tanah. Dari setiap SPL didapatkan tekstur tanah yang berbeda-beda. Pada SPL 1 liat berpasir, SPL II dan SPL III lempung liat berpasir, dan SPL IV lempung berpasir. Dengan kriteria konduktifitas hidrolik yang berbeda sehingga pengaruh daya serap tanah yang lambat, agak lambat, dan agak cepat.

 

Arifin, M., 2010. Kajian Sifat Fisika dan Berbagai Penggunaan lahan . Jurnal Pertanian MAPETA Vol. XII.(2) : 72 -144.

Badan Pusat Statistik, Provinsi Sulawesi Tengah, 2013-2015. Produksi dan Produktifitas Tanaman Perkebunan Rakyat.

FAO, 1976. A Framework for Land Evaluation. Soil Resources Management andConservation Service Land and Water Development Division. FAO Soil Bulletin No.32. FAO-UNO, Rome.

Foth DH. 1998 The Basics Of Soil Science . Yogyakarta (ID): Terjemahan Gadjah Mada University Press.
Hardjowigeno, S., 2003. Ilmu Tanah. Jakarta : Akademika Presindo. 296 Halaman.

Hardjowigeno, S., 2007. Ilmu Tanah.: Akademika Pressindo Jakarta.

Hardjowigeno, S., 2010. Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Pressind. 288 hal.

Hilel, D., 1971.Soil and Water.Physical Principle and Processes. New York (US): Acad. Press.

Islami, T. dan W.H. Utomo, 1995. Hubungan Tanah, Air dan Tanaman. IKIP Semarang Press. Semarang.

Soepardi, G., 1983. Sifat dan Ciri Fisik Tanah. Bogor IPB Bogor Press.

Sukmana, 1984. Pengaruh Berat Isi Terhadap Distribusi Ukuran Pori Dan Pertumbuhan Tanaman Padi Dan Kacang Tanah. Prosiding No 4 Pusat Penelitian Tanah Bogor.

Yulnafatmawita, Adriani, Hakim AF., 2011. Pencucian Bahan Organik Tanah Pada Tiga Penggunaan Lahan Di Daerah Hutan Hujan Tropis Super Basah Pinang-Pinang Gunug Gadut Padang. Jurnal. Solum VII ( 1 ): 34-42.
Jannah, M., & Pagiu, S. (2021). ANALISIS SIFAT FISIK TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DI DESA TINDAKI KECAMATAN PARIGI SELATAN. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(2), 391 - 398. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/922
Fulltext