UJI ANTAGONIS JAMUR TRICHODERMA TERHADAP PERTUMBUHAN PATOGEN SCLEROTIUM ROLFSII SAC PENYEBAB BUSUK BATANGNILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH)

Article History

Submited : July 13, 2021
Published : April 30, 2021

Penyakit busuk batang yang disebabkan oleh jamur Sclerotium rolfsii merupakan salah satu penyakit pada tanaman nilam. Jamur patogen ini juga dapat menyebabkan penyakit seperti layu dan rebah kecambah. Jamur ini dapat bertahan lama dalam bentuk sklerotia di dalam tanah, pupuk kandang dan sisa-sisa tanaman yang sakit. Tanaman nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang penting dalam menghasilkan devisa negara. Minyaknya bernilai ekonomi tinggi, dapat digunakan sebagai fiksatif dalam industri parfum dan kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jamur Trichoderma sp. dan Trichoderma Harzianum dalam mengendalikan patogen penyebab busuk batang secara invitro Sclerotium rolfsii pada tanaman nilam. Penelitian ini di lakukan di Labolatorium Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas pertanian Universitas Tadulako. Penelitian ini mulai bulan Maret 2020  sampai September 2020. Variabel penelitian ini yaitu mengukur diameter koloni dan persentase daya hambat S. rolfsii. Penelitian menggunakan Uji-t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dari dua perlakuan yang digunakan. Hasil persentase penghambatan pada jamur Trichoderma sp. dan T. harzianum terhadap pertumbuhan S. rolfsii masing-masing perlakuan memberikan pengaruh nyata dalam menghambat pertumbuhan S. rolfsii. Kedua jamur antara Trichoderma sp. dan T. Harzianum tidak memiliki perbedaan dalam menghambat pertumbuhan patogen S. rolfsii.

Dalam, B., & Pertumbuhan, M. (2014). Uji keefektifan trichoderma spp. dengan bahan campuran yang berbeda dalam menghambat pertumbuhan Sclerotium rolfsii penyebab penyakit rebah kecambah pada kacang tanah. 2(3), 408–413.

Djafarudin. 2000. Dasar-dasar Pengendalian Penyakit Tanaman. Bumi Aksara. Jakarta

Elfina Y, Mardius, Habazar T, Bachtiar A. 2001. Studi kemampuan isolat-isolat jamur Trichoderma spp. yang beredar di Sumatra Barat untuk mengendalikan jamur patogen Sclerotium rolfsii pada bibit cabai. Prosiding Kongres Nasional XVI dan Seminar Ilmiah PFI, 22-24 Agustus 2001, Bogor.

Ismail. 2011. Potensi Agens Hayati Trichoderma spp. sebagai Agens Pengendali Hayati. Seminar Regional Inovasi Teknologi Pertanian, Mendukung Program Pembangunan Pertanian Propinsi Sulawesi Utara

Magenda, S., Kandou, F. E. F., & Umboh, S. D. (2011). Karakteristik Isolat Jamur Sclerotium rolfsii dari Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea Linn.) Seny. 1–7.

Mahabbah, A. F., Aeny, T. N., & Maryono, T. (2014). Pengaruh Trichoderma spp . Dan fungisida sintetis terhadap pertumbuhan Sclerotium rolfsii dan keterjadian penyakit rebah kecambah kacang tanah. 2(2), 208–214.

Novianti, D. 2008. Perbanyakan Jamur Trichoderma harzianum DT38 Serta Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat. Institue Pertanian Bogor
Noverita., D, F, dan Ernawati , S. 2009. Isolasi dan Uji Aktivitasi Antibakteri Jamur Endofit dari Daun dan Rimpang Zingiber ottensii Val. Jurnal Farmasi Indonesia Vo. 4.NO. 4. : 171-176

Purwantisari S dan Hastuti RH. 2009. Uji antagonism jamur Phytopthora infestans penyebab penyakit busuk daun dan umbi kentang dengan menggunakan Trichoderma spp. Isolat lokal. Jurnal Bioma 11 (1):24-32.

Purnomo, D., 2008. Aplikasi Getah Dua Genotipe Pepaya Betina sebagai Biofungisida untuk Mengendalikan Penyakit Antraknosa (Colletotrichum capsici (syd.) Bult. Et. Bisby) pada Cabai Merah Besar (Capsicum annum L.). Skripsi Departemen Proteksi Tanaman IPB. Bogor.

Sektiono, A. W., Djauhari, S., & Pertiwi, P. D. 2019. Sclerotium rolfsii , Penyebab Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Hippeastrum sp . Sclerotium rolfsii , a the Causal Agent of Stem Rot Disease on Hippeastrum sp . 15, 53–58. https://doi.org/10.14692/jfi.15.2.

Soesanto, L., Mugiastuti, E., Rahayuniati, R. F., & Dewi, R. S. (2013). Uji kesesuaian empat isolat Trichoderma. 13(2), 117–123.

Wahyuno, D. 2013. Identifikasi dan karakterisasi sclerotium rolfsii sacc . penyebab penyakit busuk batang nilam (Pogostemon cablin Benth) 35–41.
Zulham, P., & Panggeso, J. (2021). UJI ANTAGONIS JAMUR TRICHODERMA TERHADAP PERTUMBUHAN PATOGEN SCLEROTIUM ROLFSII SAC PENYEBAB BUSUK BATANGNILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH). AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(2), 447 - 452. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/929
Fulltext