ANALISIS SIFAT FISIKA TANAH PADA PENGGUNAAN LAHAN KEBUN KAKAO DAN LAHAN KEBUN CAMPURAN

Article History

Submited : July 13, 2021
Published : April 30, 2021

Desa Watumaeta merupakan salah satu Desa di Kecamatan Lore yang memiliki potensi cukup besar pada sektor pertanian seperti lahan perkebunan tanaman kakao dan lahan campuran yang ditanami tanaman musiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sifat fisik tanah pada pengunaan lahan kakao dan lahan campuran yang ada di Desa Watumaeta Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Sampel tanah yang di ambil yaitu tanah utuh dan tidak utuh untuk dianalisis, Analisis sampel dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah terhadap parameter sifat fisik tanah yaitu: tekstur tanah, porositas tanah, permeabilitas tanah, bobot isi tanah, kadar air tanah dan partikel density. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey langsung dilapangan dengan cara mengumpulkan data karekteristik tanah meliputi tekstur tanah, porositas tanah, permeabilitas tanah, bobot isi tanah, kadar air tanah dan partikel density. Sifat fisik tanah pada lahan kebun kakao agak berbeda dengan lahan kebun campuran, pada SPL 1 dan 2 dengan tipe pengunaan lahan kakao memiliki tekstur lempung berpasir. Permeabilitas tergolong lambat. Bobot isi tanah tergolong berat. porositas tergolong jelek serta kada air kapasitas lapang tergolong sangat tinggi dengan partikel tanah yang kecil disetiap lahan kebun kakao dan lahan kebun campuran. Sifat fisik tanah pada pengunaan lahan kebun campuran. Pada SPL 3 dan 4 memiliki tekstur tanah lempung berdebu dan berpasir. Permeabilitas tergolong cepat dan sedang. bobot isi tanah tergolong sedang dan berat. porositas tergolong kurang baik serta kadar air kapasitas lapang tergolong sangat tinggi dan partikel tanah yang kecil disetiap lahan.

Adyana, 2002. Pengembangan Sistem Usahatani Pertanian Berkelanjutan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 19 (2): 38-49.

Asmaranto.R, Soemitro.R.A.A, dan Anwar.N., 2012. Penentuan Nilai Konduktivitas Hidrolik Tanah Tidak Jenuh Menggunakan Uji Resistivitas DI Laboratorium. J. Teknik Pengairan. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Jurnal teknik pengairan, 3(1): 81-86.

Balai Penelitian Tanah. 2003. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian. Balai Penelitian Tanah. Bogor.

BPS, 2018. Kabupaten Poso Dalam Angka 2018.

Foth, H. D. 1984. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Terjemahan Purbayanti, E. D. Dwi R. L. Rayahayuning T. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hamdan, 2019 sifat fisik tanah pada beberapa penggunaan lahan di Desa Umbele Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah Skripsi Jurusan Ilmu Tanah. Universitas Tadulako.

Hanafiah, K.A. 2010. Dasar-dasar Ilmu Tanah. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Hillel, D. 1982. Introduction To Soil Rhysics. Academic Press., Inc. San Diego, California.

Hardjowigeno. S., 2010. Ilmu Tanah. Madiyatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Hakim, N. dan Agustina. 2006. Pengelolaan Keseburan Tanah Masam dengan Teknologi Pengapuran Terpadu. Andalas University Press. 204 hal.

Naldo, R.A., 2011. Sifat Fisika Ultisol Limau Manis Tiga Tahun Setelah Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Hijau. J. agroland. Fakultas Pertanian. Universitas Andalas.

Purwowidodo, 2005. Mengenal Tanah. Laboratorium Pengaruh Hutan Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan, Institus Pertanian Bogor, Bogor.

Pairunan A.K.L. 1997. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negara Bagian Timur: Makassar.

Refliaty dan EJ. Marpaung. 2010. Kemantapan Agregat Ultisol. J. Hidrolitan. Faperta Universitas Jambi. J.Hidrolitan, 1:2:35-42,2010.

Suripin., 2001, Pelestarian Sumberdaya Tanah dan Air, Andi Offset, Yogyakarta.
Sutanto dan Rachman. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Tanah Konsep dan Kenyataan. Yogyakarta: Kanisius.

Sarief, S. 1986. Ilmu Tanah Pertanian. Pustaka Buana Bandung. Bandung.

.Winanti, T. 1996. Pekarangan Sebagai Media Peresapan Air Hujan Dalam Upaya Pengelolaan Sumberdaya Air, Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pusat Studi Lingkungan BKPSL, Tanggal 22-24 Oktober 1996 di Universitas Udayana, Denpasar Bali
Fadel, M., Pagiu, S., & Rahman, A. (2021). ANALISIS SIFAT FISIKA TANAH PADA PENGGUNAAN LAHAN KEBUN KAKAO DAN LAHAN KEBUN CAMPURAN. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(2), 512 - 522. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/937
Fulltext