DISTRIBUSI VERTIKAL UNSUR HARA NITROGEN PADA DUA PENGGUNAAN LAHAN BERBEDA DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : August 9, 2021
Published : June 30, 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan distribusi unsur hara nitrogen pada tanah secara vertikal, dan telah dilaksanakan pada bulan Maret hingga April tahun 2019, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey, sedangkan pengamatan serta pengambilan sampel tanah dilakukan berdasarkan pertimbangan peneliti (purposive sampling) yaitu dengan berdasarkan jenis penggunaan lahan. Parameter sifat kimia yang dianalisis yaitu antara lain; kandungan Bahan Organik, Nitrogen, dan pH. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hara nitrogen dalam tanah hingga kedalaman 100 cm, diduga peningkatan ini terjadi akibat pemupukkan yang berlebihan dan adanya pencucian yang disebabkan oleh air hujan, karena sifat dari hara nitrogen berbeda dengan bahan organik, dimana nitrogen merupakan hara yang mudah tercuci dan bersifat mobil (mudah berubah bentuk) di dalam tanah. Pada lahan tersebut juga memiliki pH tanah yang netral sehingga membantu hara nitrogen dalam berubah bentuk.

Hardjowigeno, S. 2003. Klasifikasi Tanah dan Phedogenesis. Edisi Revisi. Akademik Persindo, Jakarta.

Husnaeni. 2018. Distribusi Nitrogen Pada Lapisan Top Soil dan Subsoil Empat Penggunaan Lahan Berbeda. Universitas Tadulako. Palu

Kononova, M. M. 1966. Soil Organic Matter. Persemon Press. London, England.

Novizan, 2002. Petunjuk pemupukan yang efektif. Jakarta : Agromedia pustaka.

Rosmarkam, A, dan N. W. Yuwono, 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius, Yogyakarta.

Sari Devi, 2013.Perbedaan Sifat Biologi tanah Pada Berbagai Tipe Penggunaan Lahan di Tanah Andisol, Inceptisol, dan Vertisol. Jurnal Agroeteknologi Tropika Vol. 2, No. 4, Semarang..

Wiguna, A.A. 2001. Hara Nitrogen, Fosfor, dan Kalium Drainase Peran Pada Beberapa Aliran Sungai di Bali. Laporan Penelitian Kerjasama WWF Indonesia Wallacea Program dan The University of Arizona. USA.

Wijanarko, A., Sudaryono., dan Sutarno. 2007. Karakteristik Sifat Kimia Dan Fisika Tanah Alfisol Di Jawa Timur Dan Jawa Tengah. Iptek tanaman pangan. Malang.

Yuliprianto,H. 2010. Biologi Tanah dan Strategi Pengolahannya.
Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yoneyama, T. 1991. Uptake Assimilation and Translocation of Nitrogen by Crops. Tsubuka, Ibaraki, Jepang. JARG 25 (2). 75-82.
Sumolang, M., Wahyudi, I., & Khaliq, M. (2021). DISTRIBUSI VERTIKAL UNSUR HARA NITROGEN PADA DUA PENGGUNAAN LAHAN BERBEDA DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 9(3), 680 - 685. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/954
Fulltext