MAKSIMISASI KEUNTUNGAN PUPUK ORGANIK PADAT DARI LIMBAH TERNAK SAPI PADA KOMUNITAS NATURAL TANI DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : August 30, 2021
Published : October 24, 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi maksimum, keuntungan maksimum dan berapa besar alokasi sumberdaya yang digunakan untuk memaksimumkan keuntungan pupuk organik padat, di Komunitas Natural Tani di Desa Oluboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penelitian ini di laksanakan di Komunitas Natural Tani di Desa Oluboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi pada bulan Februari-Maret 2017. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yaitu Ketua Komunitas Natural Tani, Bendahara, Sekretaris dan 1 orang anggota, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa buku-buku literatur, jurnal serta instansi lainya yang menunjang penelitian ini. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Linear Programming dan Analisis Sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan maksimum yang diperoleh  usaha pupuk organik padat di komunitas natural tani yaitu sebesar Rp. 2.804.144 dan maksimum produksi sebanyak 4.307 Kg.  Alokasi sumberdaya yang digunakan untuk mencapai keuntungan maksimum adalah Tenaga Kerja 22 HOK, Bahan Baku 5.027 Kg, dan Modal Rp. 3.217.659. Sedangkan produksi yang dihasilkan usaha pupuk organik padat di komunitas natural tani sebesar 3.000 Kg perbulan dengan bahan baku yang digunakan 3.500 Kg perbulan.

 

Anwar, A. Dan B. Nasendi. 1985. Program Linier dan Variasinya. Jakarta: PT. Gramedia.

Diwyanto, K. dan A. Priyanti. 2009. Pengembangan Industri Peternakan Berbasis Sumberdaya Lokal. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian, 2(3):208-228.

Faigiziduhu Bu’Ulolo. 2005. Analisis Sensitivitas pada Program Integer Campuran. Jurnal Sistem Teknik Industri, 6(4):78.
Kotler, 2005. Manejemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 2. PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kusnadi, U. 2008. Inovasi Teknologi Peternakan dalam Sistem Integrasi Tanaman-Ternak untuk Menunjang Swasembada Daging Sapi. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 1(3):189-205.

Lawenga, F.F., 2015. Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Sifat Tanah dan Hasil Tanama Tomat (Lycopersicum sculentum Mill ) di Desa Bolupontu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi). Skripsi Program Sarjana Pada Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Nina,H. 2012. Analisis Dampak Ekonomi, Sosial dan Lingkungan dari Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi Perah Studi Kasus di Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB, Bogor.

Setiawan, A., Benito, A.K, Tb., dan Yuli, A.H. 2013. Pengelolaan Limbah Ternak pada Kawasan Budidaya Ternak Sapi Potong di Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Ternak, 13(1):24.
Sartika, D., Laapo, A., & Afandi, A. (2018). MAKSIMISASI KEUNTUNGAN PUPUK ORGANIK PADAT DARI LIMBAH TERNAK SAPI PADA KOMUNITAS NATURAL TANI DI DESA OLOBOJU KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI. AGROTEKBIS : JURNAL ILMU PERTANIAN (e-Journal), 6(5), 620 - 626. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/967
Fulltext