STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERIPIK SINGKONG PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DARMATIAN PRODUCT DI KOTA PALU

Article History

Submited : April 14, 2022
Published : March 21, 2022

Strategi Pemasaran Produk Keripik singkong Pada Industri Rumah Tangga Darmatian Product yang menjadi faktor kelemahan dan ancaman bagi industri ini untuk lebih mengembangkan usahanya, faktor eksternal yang belum maksimal dalam hal pemasaran kegiatan promosi dan fakto r internal belum baiknya organisasi pembagian kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kondisi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi Industri rumah tangga “Darnatian Product” di Kota Palu. (2) Menganalisis strategi pemasaran keripik singkong pada Industri Rumah Tangga “Darmatian Product”. Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan strategi pemasaran keripik singkong pada industri Darmatian Product yaitu terletak pada kuadran I yaitu strategi (S-O). Strategi yang dihasilkan yaitu : (a) Memanfaatkan bahan baku yang mudah diperoleh untuk mendapatkan peluang pasar yang tersedia, (b) Memanfaatkan harga yang terjangkau untuk menarik minat konsumen sehingga mendapatkan persepsi yang baik, (c) Menciptakan kualitas produk yang daya simpannya tahan lama dengan memanfaatkan bahan baku yang harganya terjangkau, (d) Memanfaatkan alat teknologi yang ada dalam mengembangkan usahanya sehingga mampu mengatasi persaingan yang tinggi.
Fulltext